Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Ikan Teri di Kabupaten Konawe Utara (Value Chain Analysis of Anchovy Fish in North Konawe Regency)

Wijayanto, Dian (2015) Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Ikan Teri di Kabupaten Konawe Utara (Value Chain Analysis of Anchovy Fish in North Konawe Regency). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 2 (2). ISSN 2338-4557

[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
119Kb
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Turnitin)
5Mb
[img]
Preview
PDF (Peer review)
54Kb

Official URL: http://fmi.or.id/jmbi/index.php

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis value chain, marjin pemasaran, marjin keuntungan dan nilai tambah dari perikanan teri yang melibatkan nelayan, pengolah ikan teri kering, hingga pedagang ikan teri kering di Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam (indepth interview) dengan para pemangku kepentingan. Data sekunder diperoleh dari publikasi dan dokumen terkait yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang. Pengambilan sampel responden menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis menggunakan analisis value chain, disertai perhitungan marjin pemasaran, marjin keuntungan dan nilai tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nelayan bagan perahu menikmati marjin pemasaran (15%) dan marjin keuntungan (12%) yang terbesar, selanjutnya diikuti oleh pengolah ikan teri dan pedagang ikan teri. Total nilai tambah perikanan teri di Kabupaten Konawe Utara adalah sebesar Rp. 6.325/kg teri kering.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Konawe Utara, marjin keuntungan, marjin pemasaran, nilai tambah, teri, value chain.
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:67173
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:28 Nov 2018 07:40
Last Modified:05 Jul 2019 11:04

Repository Staff Only: item control page