PENGARUH PENAMBAHAN BIOMASSA SERBUK Spirulina Platensis TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN SENSORI PADA TABLET HISAP (LOZENGES) (Biomass Utilization of Spirulina platensis Powder in The Manufacture of Lozenges)

Saputra, Jeri Srinur Eka and Agustini, Tri Winarni and Dewi, Eko Nurcahya (2014) PENGARUH PENAMBAHAN BIOMASSA SERBUK Spirulina Platensis TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN SENSORI PADA TABLET HISAP (LOZENGES) (Biomass Utilization of Spirulina platensis Powder in The Manufacture of Lozenges). Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 17 (3). pp. 281-291. ISSN 2303-2111

[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
2991Kb
[img]
Preview
PDF (Peer review)
1189Kb

Official URL: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jphpi/index

Abstract

Mikroalga jenis S. Platensis banyak dibudidayakan di Indonesia. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh mikroalga S. Platensis sangat baik untuk kesehatan, terutama kandungan protein. Inovasi penganeka ragaman produk tersebut adalah dalam bentuk tablet hisap. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemanfaatan biomassa serbuk Spirulina platensis menjadi tablet hisap yang kaya protein dan mengetahui kualitas produk tablet hisap dengan penambahan serbuk S. Platensis secara fisik, kimia dan sensoris. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Spirulina platensis yang didapatkan di Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimental laboratories. Data yang bersifat parametrik dianalisis menggunakan desain percobaan T-Test dengan tiga kali pengulangan, sedangkan untuk data non-parametik dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis dilanjut dengan uji Multiple Comparison. Parameter yang diamati berupa uji fisik (keseragaman bobot, kekerasan, dan kerapuhan), kimia (kadar air, protein, dan profil asam amino) serta sensoris (hedonik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada formula KI (penambahan serbuk S. Platensis 20%) berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap parameter fisik seperti kekerasan dan kerapuhan; kimia misalnya kadar air, protein, dan profil asam amino; sensoris (hedonik). Tablet hisap Spirulina pada formula KI (penambahan serbuk S. Platensis 20% memliki kualitas secara fisik yaitu sifat fisik tablet: keseragaman bobot (1,001 g); kekerasan (4,893 Kp); kerapuhan (0,119 %); kimia: kadar air (2,285 %); protein (24,327 %); asam amino tertinggi adalah L-Aspartic (14.026,3 ppm) dan terendah adalah L-Isoleucine (846,37ppm) serta secara sensoris yaitu hedonik dengan nilai rata-rata 7,080.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Kualitas, serbuk Spirulina platensis, tablet hisap
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:67165
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:27 Nov 2018 16:31
Last Modified:27 Nov 2018 16:31

Repository Staff Only: item control page