HUBUNGAN PERILAKU KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT (PHBS) PADA TATANAN RUMAH TANGGA DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 24-59 BULAN

Hartono, Hartono and Widjanarko, Bagoes and Setiawati EM, Mexitalia (2016) HUBUNGAN PERILAKU KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT (PHBS) PADA TATANAN RUMAH TANGGA DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 24-59 BULAN. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
58Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi gizi kurang pada balita di Kabupaten Kotabaru masih cukup tinggi yaitu 20,86%. Persentase keluarga berperilaku Kadarzi sebesar 56,24% dan persentase rumah tangga berperilaku hidup bersih sehat sebesar 42,48%, masih rendah, belum sesuai target Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada tatanan rumah tangga dengan status gizi balita usia 24-59 bulan. Metode: Desain penelitian adalah observasional dengan rancangan cross sectional yang dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Dirgahayu.. Subyek penelitian adalah balita usia 24-59 bulan dan bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Dirgahayu yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 90 sampel. Pengambilan sampelnya secara simple random sampling. Uji yang dilakukan adalah uji Chi- square dan regresi logistik berganda dengan tingkat kepercayaan 95% (0,05). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan asupan energi dan protein balita diukur dengan metode recall. Hasil:. Hasil penelitian menunjukkan 27,8% balita status gizi kurang, 72,2% keluarga berperilaku Kadarzi dan 70,0% keluarga berkatagori rumah sehat. Analisis data menunjukkan ada hubungan secara signifikan antara perilaku Kadarzi dengan status gizi (p=0,000, OR=31,13). Ada hubungan secara signifikan antara Perilaku Hidup Bersih Sehat perilaku dengan status gizi (p=0,000, OR=22,56). Analisis uji regresi logistik berganda diperoleh faktor dominan yang berhubungan dengan status gizi adalah perilaku Kadarzi (p=0,000, OR=0,08). Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan perilaku Kadarzi (Keluarga Sadar Gizi) dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) tatanan rumah tangga dengan status gizi.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perilaku Kadarzi, Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), Status Gizi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67061
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:24 Nov 2018 08:49
Last Modified:24 Nov 2018 08:49

Repository Staff Only: item control page