DAMPAK PENDIDIKAN GIZI DENGAN LEMBAR BALIK TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK CALON IBU TENTANG RISIKO DAN PENCEGAHAN ANEMIA PADA KEHAMILAN

Kumala, Findhy Dwita and Nugraheni , S.A. and Margawati, Ani (2016) DAMPAK PENDIDIKAN GIZI DENGAN LEMBAR BALIK TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK CALON IBU TENTANG RISIKO DAN PENCEGAHAN ANEMIA PADA KEHAMILAN. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
42Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang : Prevalensi anemia pada ibu hamil di Kabupaten Brebes mencapai 50%. Peningkatan pengetahuan tentang risiko dan pencegahan anemia pada kehamilan calon ibu di Kabupaten Brebes perlu dilakukan untuk menurunkan AKI. Pendidikan gizi diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik konsumsi makan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Tujuan : Menganalisis pengaruh pendidikan gizi menggunakan lembar balik dan pemberian leaflet terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik calon ibu. Metode penelitian : Metode quasi eksperimen dengan rancangan non-randomized control group pre-post test design. Subjek sebanyak 32 calon ibu pada kelompok perlakuan dan 32 calon ibu pada kelompok kontrol dipilih secara purposive sampling. Pendidikan gizi tentang anemia kehamilan diberikan selama dua hari berturut-turut. Analisis data dilakukan dengan Independent T-test, Paired T-test, uji Mann Whitney, wilcoxon dan regresi logistik berganda. Hasil penelitian : Tidak ada perbedaan pengetahuan (p=0,485), sikap (p= 0,773), dan praktik (p=0,189) sebelum perlakuan antara kedua kelompok. Ada peningkatan skor pengetahuan (dari 8,09±2,14 menjadi 11,56±1,21), sikap (dari 20,43±2,42 menjadi 23,96±2,96), dan praktik (dari 42,09±3,68 menjadi 47±3,09) setelah pendidikan gizi pada kelompok perlakuan. Pada kelompok kontrol hanya ada peningkatan skor praktik (dari 40,65±3,09 menjadi 43,28±3,23) sedangkan skor pengetahuan dan sikap mengalami penurunan. Ada peningkatan pada pengetahuan, sikap dan praktik satu bulan setelah intervensi pada kelompok perlakuan. Variabel terikat kelompok kontrol dan kelompok perlakuan meskipun sudah dikontrol dengan variabel perancu (p=0,000) Simpulan : Pendidikan gizi menggunakan lembar balik tentang anemia kehamilan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik pencegahan anemia.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:pendidikan gizi, lembar balik, pengetahuan , sikap, praktik, pencegahan anemia kehamilan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67058
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 21:43
Last Modified:23 Nov 2018 21:43

Repository Staff Only: item control page