PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KEDELAI HITAM (GLYCINE SOJA.) BERBAGAI DOSIS TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH, KADAR INSULIN, DAN HOMA-IR

Kurniawati, Dewi Marfu’ah and Dharmana, Edi and Rachmawati, Banundari and Tjokorda Gde Dalem, Pemayun and Anjani, Gemala (2016) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KEDELAI HITAM (GLYCINE SOJA.) BERBAGAI DOSIS TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH, KADAR INSULIN, DAN HOMA-IR. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
63Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar belakang: Obesitas merupakan faktor resiko homeostasis glukosa yang tidak normal dan memicu stres oksidatif sehingga dapat menurunkan sensitivitas insulin yang menyebabkan hiperglikemia dan hiperinsulinemia. Kedelai hitam mengandung antioksidan antosianin dan isoflavon yang diharapkan dapat mengurangi stres oksidatif. Tujuan: Mengetahui pengaruh ekstrak kedelai hitam (Glycine soja.) berbagai dosis terhadap kadar glukosa darah, kadar insulin, dan HOMA-IR pada tikus Sprague Dawley (SD) obesitas. Metode: True eksperimental dengan rancangan randomized controlled pre test-post test design pada tikus SD jantan. Dua puluh empat sampel dibagi 4 kelompok: kontrol (K), dosis 500 (P1), 750 (P2), dan 1000 mg/kgBB (P3). Tikus dibuat obesitas dengan high fat sucrose diet (HFSD) selama 4 minggu kemudian diberi ekstrak kedelai hitam selama 2 minggu. Uji beda sebelum dan setelah perlakuan menggunakan uji t dan Wilcoxon. Uji beda selisih antar kelompok menggunakan uji One-way Anova dan Kruskal Wallis. Hasil: Tidak ada perbedaan kadar glukosa darah sebelum dan setelah perlakuan (p > 0,05). Ada perbedaan kadar insulin dosis 500 (p = 0,012) dan 750mg/kgBB (p = 0,020) serta ada perbedaan HOMA-IR dosis 500 (p = 0,043) dan 750mg/kgBB (p = 0,028). Terdapat perbedaan selisih kadar insulin (p = 0,009) antar kelompok. Simpulan: Ada perbedaan kadar insulin dan HOMA-IR pada dosis 500 dan 750 mg/kgBB, namun kadar glukosa darah sebelum dan setelah pemberian ekstrak kedelai hitam tidak berbeda. Penurunan kadar glukosa darah, kadar insulin, dan HOMA-IR terbesar terdapat pada dosis 750mg/kgBB.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:obesitas, hiperglikemia, insulin, ekstrak kedelai hitam
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67056
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 21:34
Last Modified:23 Nov 2018 21:34

Repository Staff Only: item control page