PENGARUH SUPLEMENTASI TABURIA (SPRINKLE) TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN BALITA GIZI KURANG USIA 3-5 TAHUN DI KECAMATAN LEWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA

Budiana, Teguh Akbar and Kartasurya, Martha Irene and Judiono, Judiono (2015) PENGARUH SUPLEMENTASI TABURIA (SPRINKLE) TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN BALITA GIZI KURANG USIA 3-5 TAHUN DI KECAMATAN LEWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
61Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar belakang : Anemia pada balita merupakan masalah gizi yang paling sering ditemukan di dunia. Anemia merupakan salah satu masalah gizi utama di indonesia. Penanggulangan anemia dengan suplementasi Fe terbukti kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian suplementasi taburia terhadap perubahan kadar hemoglobin balita gizi kurang usia 3-5 tahun. Metode : Desain randomized pretest posttest control group design dengan subjek penelitian 66 balita gizi kurang yang anemia berumur 3-5 tahun di Kecamatan Lewimunding. Subjek dibagi menjadi dua kelompok, perlakuan dan kontrol. Kelompok perlakuan diberi taburia dan penyuluhan gizi sedangkan kelompok kontrol diberi penyuluhan gizi. Sebelum suplementasi seluruh subjek diberi Albendazol 400 mg. Suplementasi dilaksanakan selama 2 bulan. Data dianalisis dengan Mann-Whitney, Independent Sample Test, Wilcoxon Signed Ranks, Paired Sample Test dan Regresi Linier. Hasil : Tidak ada perbedaan asupan makanan yang meliputi; energi, protein, besi, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin C antara kelompok perlakuan dan kontrol. Tidak ada perbedaan kadar Hb awal antara kedua kelompok sebelum suplementasi (p=0,290). Terjadi peningkatan kadar hemoglobin pada kelompok taburia dari 11,14±0,85 mg/dl menjadi 12,31±0,55 mg/dl (p=0,001), dan pada kelompok kontrol terjadi peningkatan kadar hemoglobin dari 10,95±0,71 mg/dl menjadi 11,81±0,53 mg/dl (p=0,001). Peningkatan kadar Hb pada kelompok perlakuan lebih tinggi 0,69 mg/dl daripada kelompok kontrol (p=0.001). Setelah dikontrol oleh kadar Hb awal peningkatan kadar Hb pada kelompok perlakuan 0,66 mg/dl lebih tinggi daripada kelompok kontrol (p=001). Simpulan : Suplementasi taburia meningkatkan kadar hemoglobin balita gizi kurang usia 3-5 tahun.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Anemia, suplementasi taburia, balita gizi kurang, kadar hemoglobin
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67051
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 20:58
Last Modified:23 Nov 2018 20:58

Repository Staff Only: item control page