Pengaruh Suplementasi Zinc dan Vitamin B6 terhadap Kadar Hemoglobin, Hematokrit dan Indeks Eritrosit Pasien Malaria vivax yang Anemia

Sofiyetti, Sofiyetti and Wati, Nyoman Suci and Afifah, Diana Nur (2015) Pengaruh Suplementasi Zinc dan Vitamin B6 terhadap Kadar Hemoglobin, Hematokrit dan Indeks Eritrosit Pasien Malaria vivax yang Anemia. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
62Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: Suplementasi zinc menurunkan resiko parasitemia malaria, meningkatkan kadar serum feritin dan Hb pada penderita malaria. Zinc berhubungan dengan aktivitas aminolevulinic acid dehidratase (ALAD) yaitu enzim yang mensintesis heme. Vitamin B6 bentuk piridoksal 5-fosfat (PLP) berperan dalam pembentukan asam alfa-aminolevulinat, yaitu prekursor hem dalam hemoglobin. PLP juga menghambat pertumbuhan parasit pada malaria. Tujuan Penelitian: Menganalisis pengaruh suplementasi zinc dan vitamin B6 terhadap kadar hemoglobin, hematokrit dan indeks eritrosit (MCV, MCH dan MCHC) pasien malaria vivax yang anemia. Metode: Double Blind Randomised Controlled Trial dengan pre dan post test design. Melibatkan 30 subjek yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan yang diberi suplementasi zinc dengan dosis 1x10 mg/hari dan vitamin B6 1x5 mg/hari dan kelompok kontrol yang diberi plasebo selama 30 hari. Analisis data dilakukan dengan uji Paired t–test, Wilxocon, Independent t-test dan Mann whitney. Hasil Penelitian: Ada peningkatan kadar haemoglobin pada kelompok suplementasi (p=0.0001), kelompok kontrol (p=0.001) dan terdapat perbedaan peningkatan antara kedua kelompok (p=0.020). Peningkatan hematokrit yang bermakna pada kelompok suplementasi saja (p=0.0001). Tidak terdapat perbedaan terhadap parameter indeks eritrosit antara kedua kelompok. Simpulan: Suplementasi zinc dan vitamin B6 selama 30 meningkatkan kadar haemoglobin, hematokrit dan tidak berpengaruh terhadap indeks eritrosit pasien malaria vivax yang anemia.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Zinc, vitamin B6, malaria vivax, haemoglobin, hematokrit dan indeks eritrosit
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67049
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 20:49
Last Modified:23 Nov 2018 20:49

Repository Staff Only: item control page