HUBUNGAN STATUS BESI DAN STATUS IOIDUM IBU HAMIL TRIMESTER III TERHADAP BERAT BADAN DAN LINGKAR KEPALA BAYI LAHIR DIDAERAH ENDEMIK GAKI

Novitasari, Sherly and Hadisaputro, Soeharyo and SS, Darmono and Rahmawati, Banundari and Pemayun, Tjokorda Gde Dalem (2015) HUBUNGAN STATUS BESI DAN STATUS IOIDUM IBU HAMIL TRIMESTER III TERHADAP BERAT BADAN DAN LINGKAR KEPALA BAYI LAHIR DIDAERAH ENDEMIK GAKI. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
2461Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang : Iodium dan zat besi merupakan salah satu jenis mikronutrien yang berperan dalam pembentukan hormon tiroid. Defisiensi kedua mikronutrien tersebut selama kehamilan, akan berdampak buruk terhadap perkembangan janin. Berat badan dan lingkar kepala bayi lahir merupakan indikator awal perkembangan bayi, karena menggambarkan hasil interaksi beberapa faktor selama janin didalam kandungan. Tujuan : Menjelaskan hubungan status besi dan status iodium ibu hamil trimester III terhadap berat badan dan lingkar kepala bayi lahir. Metode : Desain penelitian ini adalah crossectional study. Jumlah sampel adalah 49 ibu hamil trimester III yang dianalisis hingga bayi lahir. Pengukuran status besi pada ibu hamil menggunakan jumlah sTfR dengan metode ELISA dan status iodium menggunakan EIU. Pada bayi lahir dilakukan pemeriksaan berat badan dan lingkar kepala bayi lahir. Hasil : Status besi rata-rata ibu hamil dalam penelitian ini adalah 22,15 nmol/L, sedangkan rata-rata status iodium ibu hamil dalam penelitian ini adalah 168,63 μg/L dengan nilai median urin 165 μg/L. Analisis statistik dengan uji korelasi berganda menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status besi dan status iodium ibu hamil trimester III terhadap berat badan bayi lahir (r = 0,286; p = 0,141), demikian juga dengan lingkar kepala bayi lahir (r = 0,195; p = 0,412). Kesimpulan : status besi dan status iodium ibu hamil trimester III tidak cukup mempengaruhi berat badan ataupun lingkar kepala bayi lahir di daerah endemik GAKI.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:sTfr, UEI, ibu hamil, berat badan bayi lahir, lingkar kepala bayi lahir
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67048
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 20:45
Last Modified:23 Nov 2018 20:45

Repository Staff Only: item control page