PENGARUH PESAN GIZI SINGKAT DAN PENDIDIaKAN GIZI TERHADAP PRAKTIK MAKAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SALATIGA

Simanjuntak, Rohani Retnauli and Kartasurya, Martha Irene and Rosidi, Ali (2015) PENGARUH PESAN GIZI SINGKAT DAN PENDIDIaKAN GIZI TERHADAP PRAKTIK MAKAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SALATIGA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
58Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang : Rendahnya tingkat kecukupan energi dan protein pada pasien rawat inap di rumah sakit disebabkan oleh rendahnya asupan makanan rumah sakit. Pesan gizi singkat dan pendidikan gizi dapat mempengaruhi praktik makan pasien sehingga meningkatkan pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan energi dan protein. Tujuan : Mengkaji pengaruh pemberian pesan gizi singkat dan pendidikan gizi terhadap praktik makan pasien rawat inap di RSUD Salatiga. Metode Penelitian : Quasi experimental dengan rancangan pre-test post-test design with control group. Kelompok perlakuan (38 responden) mendapatkan makanan rumah sakit (3 hari) disertai pesan gizi singkat dan pendidikan gizi dari ahli gizi (2 hari). Kelompok kontrol (38 responden) hanya mendapatkan makanan rumah sakit (3 hari). Skor pengetahuan dan sikap diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur. Tingkat kecukupan energi dan protein diperoleh dari hasil konversi asupan makanan rumah sakit (comstock) dan asupan makanan luar rumah sakit (recall 24 jam). Hasil Penelitian : Tidak ada perbedaan skor pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan energi dan protein sebelum intervensi antara kelompok perlakuan dan kontrol. Setelah intervensi, pada kelompok perlakuan ada peningkatan skor pengetahuan dari 60+15,54 menjadi 92,5+8,48, skor sikap dari 19,5+5,5 menjadi 24+4,79, tingkat kecukupan energi makanan rumah sakit dari (53,4+8,8)% menjadi (92,5+11,3)%, tingkat kecukupan energi total dari (51,9+11,9)% menjadi (98,7+13,1)%, tingkat kecukupan protein makanan rumah sakit dari (50,3+15,3)% menjadi (103,0+17,9)% dan tingkat kecukupan protein total dari (51,02+16,8)% menjadi (107+19,0)%. Tidak ada peningkatan skor pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan energi dan protein pada kelompok kontrol. Pemberian pesan gizi singkat dan pendidikan gizi meningkatkan skor pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan energi dan protein dari makanan rumah sakit dan total. Pemberian pesan gizi singkat dan pendidikan gizi tidak berpengaruh terhadap tingkat kecukupan energi dan protein makanan luar rumah sakit (p= 0,76 dan p=0,86). Simpulan : Pemberian pesan gizi singkat dan pendidikan gizi meningkatkan skor pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan energi dan tingkat kecukupan protein makanan rumah sakit dan total.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pesan gizi singkat, pendidikan gizi, praktik makan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67047
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 20:40
Last Modified:23 Nov 2018 20:40

Repository Staff Only: item control page