Pengaruh Pemberian Seng Terhadap Kadar Trigliserida dan Kadar MDA (Studi pada Tikus Wistar Diabetik Akibat Induksi Streptozotocin)

Ryadinency, Resty and Hadisaputro, Suharyo and Rahmawati, Banundari (2015) Pengaruh Pemberian Seng Terhadap Kadar Trigliserida dan Kadar MDA (Studi pada Tikus Wistar Diabetik Akibat Induksi Streptozotocin). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
73Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar belakang: Diabetes mellitus berkaitan dengan peningkatan kadar glukosa darah dan trigliserida yang dapat meningkatkan produksi malondialdehyde (MDA). Seng (Zn) adalah mikronutrien dengan sifat antioksidan yang terlibat dalam metabolisme lipid dan glukosa. Tujuan: menjelaskan adanya pengaruh pemberian seng terhadap penurunan kadar trigliserida (TG) dan kadar malondialdehid (MDA) tikus jantan Rattus novergicus galur Wistar diabetik. Metode: penelitian ini menggunakan rancangan randomized pre and post controlled group design. Dua puluh empat ekor tikus yang dinduksi streptozotocin 40 mg/kg BB secara intraperitoneal dibagi secara acak menjadi 3 kelompok = kontrol (STZ), perlakuan I (STZ+seng 5 mg/kg BB), perlakuan II (STZ+seng 10 mg/kg BB). Seng diberikan melalui sonde selama 30 hari. Analisis data dilakukan dengan uji paired t test dan Wilcoxon. Hasil: ada perbedaan yang bermakna pada kadar trigliserida (p=0,015) dan kadar MDA (p=0,007) setelah pemberian seng 5 mg/kg BB. Ada perbedaan bermakna pada kadar trigliserida (p=0,012) dan kadar MDA (p=0,013) setelah pemberian seng 10 mg/kg BB pada tikus diabetik. Kesimpulan: pemberian seng 5 mg/kg BB dan 10 mg/kg BB pada Tikus Wistar Rattus novergicus diabetes menurunkan kadar trigliserida (p<0,05) dan kadar MDA (p<0,05).

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:seng, trigliserida, MDA, diabetes mellitus
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:67045
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 20:33
Last Modified:23 Nov 2018 20:33

Repository Staff Only: item control page