Pemilihan Strategi Bersaing Berdasarkan Strategi Supply Chain untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus : PT. Pelita Air Service)

Hery Suliantoro, Hery Suliantoro and Nadia Sella Aulia, Nadia Sella Aulia Pemilihan Strategi Bersaing Berdasarkan Strategi Supply Chain untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus : PT. Pelita Air Service). In: 1st Annual Conference on Industrial and System Engineering, 2 Oktober 2014, Semarang.

[img]
Preview
PDF (Prosiding) - Published Version
565Kb

Abstract

Industri penerbangan Indonesia saat ini sangat berkembang dengan pesat. Banyak perusahaan penerbangan yang telah lahir dan berkembang. Salah satu perusahaan penerbangan di Indonesia adalah PT. Pelita Air Service (PAS) yang memfokuskan pada jasa penyewaan pesawat terbang. Agar dapat terus bersaing dalam industri penerbangan, maka PT. Pelita Air Sevice harus mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. Namun pada tahun 2013, PT. Pelita Air Service belum dapat mencapai target revenue yang diharapkan. Selain itu, dalam aspek yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan, kinerja perusahaan yang dinilai dalam indikator Availability dengan target 97% per triwulan dan Departure Time dengan target 90% per bulan juga belum dapat tercapai dengan baik. Pencapaian kinerja tersebut dapat dipengaruhi oleh supply chain management yang diterapkan perusahaan, karena telah banyak penelitian yang menyelidiki hubungan antara strategi supply chain, strategi bersaing dan kinerja perusahaan. Salah satunya adalah penelitian dari Soni dan Kodali (2011) yang menyelidiki peran mediasi strategi supply chain diantara strategi bersaing dan kinerja perusahaan. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa terdapat hubungan kausal antara strategi supply chain dengan strategi bersaing serta menemukan bahwa pilihan strategi supply chain dan strategi bersaing dapat mempengaruhi bisnis dan kinerja supply chain. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengambil sebuah keputusan dalam penentukan strategi bersaing untuk PT. Pelita Air Service berdasarkan strategi supply chain yang diterapkan oleh perusahaan guna meningkatkan kinerja perusahaan. Adapun dalam menentukan strategi bersaing yang terbaik dapat dalam Multiple Criteria Decision Making (MCDM). Dalam penelitian ini menggunakan metode Analitycal Network Process (ANP).

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:67038
Deposited By:mahfudin mahfudin mahfudin
Deposited On:23 Nov 2018 16:30
Last Modified:18 Oct 2019 10:03

Repository Staff Only: item control page