PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KARAKTER POSITIF ANAK MELALUI STORYTELLING BERKA DAN MAYANG

Saputri, Nanda Erfani and Rusyda, Arina Dina and Kaloeti, Dian Veronika Sakti (2018) PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KARAKTER POSITIF ANAK MELALUI STORYTELLING BERKA DAN MAYANG. In: SEMINAR NASIONAL “Penguatan Peran Keluarga Indonesia di Era Digital untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat”.

[img]
Preview
PDF
1697Kb

Abstract

Pendidikan karakter perlu dilakukan sedini mungkin untuk me mbentuk moral dan perilaku anak-anak. Pendidikan karakter dirancang dan dilaksanakan secara sistematis agar anak-anak dapat memahami nilai-nilai atau perilaku yang sesuai sehingga menumbuhkan karakter yang positif. Metode peningkatan pengetahuan karakter positif anak melalui storytelling Berka dan Mayang melibatkan dongeng interaktif antara pendongeng dan siswa. Berka dan Mayang adalah maskot yang diciptakan peneliti. Nilai-nilai yang disampaikan dalam cerita antara lain meminta maaf, berterima kasih, menyayangi, dan juga berbagi. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah storytelling dan variabel terikatnya adalah pengetahuan tentang karakter positif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen one shot case study dengan jumlah subjek sebanyak 10 orang anak berusia 4 hingga 6 tahun. Subjek adalah siswa-siswi PAUD Setulus Hati, Semarang. Evaluasi dilakukan dengan cara observasi dan pertanyaan secara langsung. Hal ini dilakukan untuk melihat keaktifan dan pemahaman para peserta te rhadap materi yang diberikan. Berdasarkan hasil evaluasi, seluruh anak mampu memahami materi yang diberikan. Hanya saja pada dua orang siswa perlu dimintai penjelasan lebih, mereka tidak langsung menjawab namun memerlukan probing dari peneliti terlebih dahulu. Pengembangan dari program ini seperti pengenalan karakter-karakter positif lainnya sangat diharapkan sebab hal tersebut sangat penting bagi anak-anak

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:66934
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2018 11:33
Last Modified:23 Nov 2018 11:33

Repository Staff Only: item control page