GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BARU DI PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS HARAPAN RAYA PEKAN BARU PROPINSI RIAU TAHUN 2001

ROFIYANTI, ROFIYANTI (2002) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BARU DI PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS HARAPAN RAYA PEKAN BARU PROPINSI RIAU TAHUN 2001. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tolok ukur mutu pelayanan kesehatan. Ketidakpuasan pelayanan kesehatan yang diterimanya akan berpengaruh pada jumlah kunjungan pasien di pelayanan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan variabel penelitian terdiri dari manajemen teknis, manajemen interpersonal, dan kanyamanan. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang baru pertama kali memanfaatkan perawatan Puskesmas Harapan Raya Pekanbaru bulan Oktober-November 2001 berjumlah 190 orang. Sampel diambil dengan teknik Systematic random sampling dengan jumlah 83 orang. Instrumen penelitian adalah questioner yang telah disediakan jawabannya olehpeneliti. Tenik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi. Pengolahan dan analisa data dilakukan dengan univariat berdasarkan table distribusi frekuensi untuk masing-masing variabel yang diteliti. 96,39% responden menyatakan bahwa manajemen interpersonal baik danpuas dengan pelayanan yang diberikan yang ditujukan pada keramahtamahan petugas, Tanya jawab dengan petugas, kesungguhanpetugas, dankejelasan informasi. 19,28% pasien tidak puas dengan ketepatan waktu pemberian pelayanan pemeriksaan. Pasien akan puas terhadap manajemeninterpersonal di pelayanan kesehatan jika pelayanan tersebut diberikan dengan ramah, sopan, hormat, penuh perhatian, cepat dan tepat waktu. 40,36% responden menyatakan tidak puas dengan kenyamanan di pelayanan rawat jalan yang ditujukan pada luas ruangan tunggu dan ruang periksa serta kebersihan ruang tunggu. Kepuasan pasien terhadap kenyamanan dapat didekati dari aspek mutu antara lain lokasi Puskesmas, kebersihan Puskesmas, kenyamanan ruangan dan peralatan. Disarankan perlunya Puskesmas memberikan pelayanan pemeriksaan yang tepat waktu, perlu penambahan sarana fisik baik dari segi jumlah maupun luas ruangan tunggu dan periksa, perlu ditambah sarana tempat duduk, dan tempat sampah. Kata Kunci: KEPUASAN, RAWAT JALAN, PASIEN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:6693
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Feb 2010 14:50
Last Modified:08 Feb 2010 14:50

Repository Staff Only: item control page