Asupan Seng Dan Status Seng Yang Rendah Sebagai Faktor Risiko Kejadian Infeksi Filariasis (Studi kasus di Kota Pekalongan)

Mastuti, Dewi Nugraheni Restu and Rahfiludin, M. Zen and Ginandjar, Praba (2015) Asupan Seng Dan Status Seng Yang Rendah Sebagai Faktor Risiko Kejadian Infeksi Filariasis (Studi kasus di Kota Pekalongan). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
34Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: Infeksi mikrofilaria didalam tubuh manusia tidak selalu menimbulkan gejala. manusia yang terinfeksi filaria akan menginduksi respon Th2 dengan meningkatkan produksi IL-4, IL-5, IL-13 dan peningkatan kadar serum IgE. Kekurangan seng berhubungan langsung dengan regulasi respon imun yang berkurang karena menurun pada lymphopoesis serta berpengaruh pada respon imun dan produksi antibodi pada orang yang status gizinya normal. Tujuan: Menganalisis asupan seng dan status seng yang rendah sebagai faktor risiko kejadian infeksi filariasis Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan case control. Sampel yang dipilih dengan teknik total sampel sebanyak 42 orang yang terinfeksi filariasis besar sampel diambil dengan pebandingan jumlah 1:1. Subyek yang didapat saat penelitian hanya 30 kasus dan dipilihkan 30 kontrol. Penilaian asupan seng dilakukan dengan menggunakan food frequency (FFQ) dan food recall 3 x 24 jam yang kemudian diolah dengan program Nutrisoft. Penilaian seng serum dilakukan dengan pengambilan sampel darah vena sebanyak 3 cc dilakukan 1 kali. Analisis statistik dilakukan dengan uji chi square. Hasil: Kelompok yang terinfeksi dan tidak terinfeksi filariasis yang asupan seng kurang adalah 54,7% dan 45,3%, status seng yang kurang pada kelompok terinfeksi dan tidak terinfeksi adalah 50,0% dan 50,0%. Dengan demikian asupan seng dan status seng yang kurang tidak merupakan faktor risiko pada kelompok yang diteliti (Asupan seng : p -value = 0,103; OR= 7,250 dengan nilai 95% CI= 0,815-64,45 dan status seng : p-value = 1,000 ; OR= 1,000 dengan nilai 95%CI= 0,131-7,605). Simpulan: Asupan seng dan status seng yang rendah tidak merupakan faktor risiko kejadian infeksi filariasis di daerah penelitian

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:filariasis, Asupan Seng, Seng Serum, Imunitas
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66909
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Nov 2018 21:25
Last Modified:22 Nov 2018 21:25

Repository Staff Only: item control page