MELATONIN MENURUNKAN BERAT BADAN TETAPI TIDAK MENURUNKAN KADAR TNF-α PADA TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIBERI MINYAK JELANTAH SELAMA 28 HARI

Novianti, Anugrah and Dharmana, Edy and Wati, Nyoman Suci (2015) MELATONIN MENURUNKAN BERAT BADAN TETAPI TIDAK MENURUNKAN KADAR TNF-α PADA TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIBERI MINYAK JELANTAH SELAMA 28 HARI. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
46Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang : Penyakit perlemakan hati non alkohol atau Non Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) terjadi ketika asupan dan sintesis asam lemak bebas lebih banyak terjadi dibandingkan proses oksidasi dan resekresinya dalam darah. Melatonin merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan sintesis antioksidan endogen dalam tubuh, menekan respon inflamasi dan menghambat pembentukan steatosis. Tujuan : Menganalisis pemberian suplemen melatonin dalam menurunkan berat badan dan kadar TNF-α pada tikus Wistar jantan yang diberi minyak jelantah. Metode Penelitian : True experimental dengan menggunakan post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan 18 ekor tikus, dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok kontrol positif (P0) diberi minyak jelantah, kelompok perlakuan 1 (P1) diberi minyak jelantah dan melatonin dosis 5mg/kgBB, kelompok Perlakuan 2 (P2) diberi minyak jelantah dan melatonin dosis 10mg/kgBB selama 28 hari. Analisis data menggunakan uji One Way Anova dan dilanjutkan dengan uji Tukey HSD untuk mengetahui dosis perlakuan mana yang lebih baik. Hasil Penelitian : Ada perbedaan bermakna rerata berat badan antara kelompok P2 dan K0 (p=0,019) dengan selisih rerata berat badan kelompok P2 sebesar 19,167 lebih rendah dari kelompok K0. Tidak ada perbedaan kadar TNF-α antar ketiga kelompok yang diberi minyak jelantah (p=0,155). Simpulan : Melatonin dosis 10mg/kgBB menurunkan berat badan tikus wistar jantan yang diberi minyak jelantah selama 28 hari, tetapi tidak menurunkan kadar TNF-α.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlemakan hati non alkohol, minyak jelantah, melatonin, jumlah steatosis, kadar TNF-α
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66907
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Nov 2018 21:09
Last Modified:22 Nov 2018 21:09

Repository Staff Only: item control page