HUBUNGAN ANTARA TANGGAPAN PESETA JPKM TERHADAP STATEGI PEMASARAN DE KEINGINAN UNTUK TETAP MENJADI PESERTA JPKM HUSADA MANDIRI BERBAKTI DI KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN TAHUN 2001

SAMSUDIN, SAMSUDIN (2002) HUBUNGAN ANTARA TANGGAPAN PESETA JPKM TERHADAP STATEGI PEMASARAN DE KEINGINAN UNTUK TETAP MENJADI PESERTA JPKM HUSADA MANDIRI BERBAKTI DI KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN TAHUN 2001. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
28Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu eilayah Kecamatan yang termasuk pasar potensial program JPKM adalah Kecamatan Klaten Tengah. Sejak tahun 1997 – 2000 meiliki tingkat kepesertaan cenderung meningkat tetapi memasuki tahun 2001 mengalami penrunan yang cukup tajam dari 589 pesrta di tahun 2000 menjadi 325 di tahun 2001 serta munculnya beberap keluahn dari peserta kiranya perlu mendapt perhatian yang serius khususnya oleh fihak Bapel. Untuk itu diteliti mengenai hubungan tanggapan peserta JPKM terhadap strategi pemasaran JPKM dengan keinginan untuk tetap menajadi pesera JPKM. Hasil penelitian diharapkan dapat memberian masukan bagi Bapel maupun PPk untuk mempertahankan tingkat kepersertaan dalam JPKM. Jenis penelitian yang digunakana deskriptif explanatory menggunakan metode survei dengan pendekatan belah lintang. Penelitian dilakukan terhadap 49 sampel peserta JPKM di Kecamatan Klaten tengah. Data primer di peroleh dengan wawancara menggunakan kuesioner tertutup. Sedangkan data sekunder dari PPK dan Bapel. Analisis data untuk variabel univarait dilakukan secara deskriptif, bivariat secara deskriptif menggunakan tabulasi silang dan bivariat analitik, dengan uji korelasi rank Spearman (alpha 0,05) signifikansi ditentukan dari nilai p<0,05. pengolahan data menggunakan komputer program SPSS 10.0. Jenis penelitian menunjukkan pada umumnya responden memberiakntangapan dalam kategori sedang masing-masing terhadap produk sebesar 69,4%, harga 53,1%, tempat 67,3%, begitu pula dengan promosi dan keinginan untuk tetap menjadai peserta JPKM 55,1%. Responden memberikan jawaban dalam kategori sedang. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa variabel tanggapan terhaap produk (p=0,006), variabel harga (p=0,014) terbukti memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan untuk tetap menjadi peserta JPKM, sedangkan variabel tempat (p=0,783) dan promosi (p=0,475) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan yang tetap menjadaipeserta JPKM. Kepada Bapel disarankan agar melakukan pendekatan kepada pesera yang ingin berhenti untuk mencari faktor penyebabnya, mencari informasi mengenai kegiatan pesaing, mempertahankan besarnya iuran agar tetap menarik atau melakukan perhitungan ulang besarnya iuran serta mempromosikan paket pelayanan kesehatan preventif dan promotif bagai peserta yang sehat. Sedangkan kepada PPK disarankan agara setiap pemeriksaan kesehatan terhadap peserta dilakukan oleh seorang dokter dan mengoptimalkan fungsi fasilitas penunjang khususnya pada paket rawat jalan. Kata Kunci: PEMASARAN, ASURANSI KESEHATAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:6690
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Feb 2010 14:18
Last Modified:08 Feb 2010 14:18

Repository Staff Only: item control page