REKALKULASI DAYA, PERHITUNGAN ENGINE STAND DAN SISTEM KELISTRIKAN MESIN BENSIN 4 TAK 4 SILINDER

Pambudi, Satrio Eko (2018) REKALKULASI DAYA, PERHITUNGAN ENGINE STAND DAN SISTEM KELISTRIKAN MESIN BENSIN 4 TAK 4 SILINDER. Undergraduate thesis, undip.

[img]PDF (LAPORAN TUGAS AKHIR)
Restricted to Repository staff only

1251Kb

Abstract

ABSTRAK REKALKULASI DAYA, PERHITUNGAN ENGINE STAND DAN SISTEM KELISTRIKAN MESIN BENSIN 4 TAK 4 SILINDER Pengaruh dunia otomotif telah merubah pola hidup manusia yang bekerja dengan seefektif mungkin, sehingga penguasaan materi tersebut akan sangat menunjang. Komponen motor bakar sangat berpengaruh dalam menunjang keefektifan dan keefesiensian dalam kegiatan sehari – hari. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah agar mahasiswa mampu mengrekalkulasi daya, menghitung kekuatan Engine Stand dan mengetahui sistem kelistrikan penggeraknya. Metodologi yang digunakan pada kesempatan kali ini adalah observasi langsung dengan melepas lalu mengukurnya dan menghitung ulang kembali komponen – komponen mesin. Berdasarkan hasil perhitungan data secara teoritis mesin tersebut memiliki daya sedikit lebih besar dibandingkan spesifikasi pada mesin mobil tersebut. Untuk rangka dari hasil perhitungan diperoleh tegangan geser ( ) sebesar 51,98 N/m dan hasil perhitungan tersebut berada dibawah tegangan geser standar yang diijinkan dari material baut ST 37 yaitu sebesar 240 N/ dan untuk sistem kelisrikan digunakan motor listrik 1 fasa dengan putaran motor 1400 rpm yang ditransmisikan menggunakan pulley hingga terjadi putaran pada mesin sebesar 411,76 rpm. Kata kunci: Rekalkulasi, Engine Stand, Sistem Kelistrikan ix ABSTRACT POWER RECALCULATION, ENGINE STAND CALCULATION AND ELECTRICAL SYSTEM GASOLINE ENGINE 4 STROKE 4 CYLINDERS The influence of the automotive world has changed the lifestyle of people who work as effectively as possible, so the mastery of the material will be very supportive. The components of motor fuel is very influential in supporting the effectiveness and efficiency in daily activities. The purpose of writing this final task is that students are able to calculate power, calculate the power of the Engine Stand and know the electrical mechanical system. The methodology used on this occasion is direct observation by removing and then measuring it and recalculating machine components. Based on theoretical data calculations the machine has a little more power than the specification on the car engine. For the framework of the calculation results obtained shear stress (τs) of 51.98 N / mm ^ 2 and the calculation results are below the allowable standard shear stress of the binding material ST 37 which is equal to 240 N / mm2 and for the motor system rotor used electric 1 phase with motor rotation 1400 rpm which is transmitted using pulleys until the engine turns up to 411,76 rpm. Keywords: Recalculation, Engine Stand, Electrical System

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:66891
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Nov 2018 13:36
Last Modified:22 Nov 2018 13:36

Repository Staff Only: item control page