KANDUNGAN LEMAK DAN PROTEIN DAGING PADA ITIK YANG DIBERI RANSUM DENGAN TAMBAHAN TEPUNG KULIT BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH

PUTRI, PRATIWI EKA and Mangisah, Istna and Suthama, Nyoman (2018) KANDUNGAN LEMAK DAN PROTEIN DAGING PADA ITIK YANG DIBERI RANSUM DENGAN TAMBAHAN TEPUNG KULIT BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH. Undergraduate thesis, Faculty of Animal and Agricultural Sciences.

[img]
Preview
PDF
651Kb
[img]
Preview
PDF
104Kb
[img]
Preview
PDF
407Kb
[img]
Preview
PDF
293Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

122Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

410Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1270Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan tepung kulit bawang merah dan bawang putih dalam ransum terhadap kualitas daging itik ditinjau dari kadar lemak, kolesterol dan protein daging serta produktivitas itik melalui pertambahan bobot badan kumulatif itik Mojosari. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan , masing-masing ulangan dengan 6 ekor itik. Ternak yang digunakan adalah itik Mojosari jantan umur 3 hari sebanyak 168 ekor dengan bobot rata–rata 42,57 ± 12,00 g/ekor. Perlakuan yang diberikan yaitu T0= ransum kontrol; T1= ransum kontrol + 3% tepung kulit bawang merah (TKBM); T2 = ransum kontrol + 6% TKBM; T3 = ransum kontrol + 3% tepung kulit bawang putih (TKBP); T4 = ransum kontrol + 6% TKBP; T5 = ransum kontrol + 1,5% TKBM + 1,5% TKBP; dan T6 = ransum kontrol + 3% TKBM + 3% TKBP. Parameter yang diamati adalah kadar lemak, kolesterol dan protein daging serta pertambahan bobot badan kumulatif. Data dianalisis ragam berdasarkan uji F, apabila terdapat pengaruh nyata dari perlakuan, maka dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung kulit bawang merah dan bawang putih berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar kolesterol dan protein daging serta pertambahan bobot badan kumulatif, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar lemak daging. Kadar kolesterol daging terendah dihasilkan dengan T3 dan T6, tetapi tidak berbeda pada T2, sedangkan nilai tertinggi kadar protein daging pada T6 tetapi tidak berbeda dengan T1, T4 dan T5. Berbeda halnya dengan pertambahan bobot badan kumulatif tertinggi dicapai pada T4 dan tidak berbeda dengan T1, T2, T3 dan T6. Simpulan penelitian bahwa penambahan kombinasi tepung kulit bawang merah 3% dengan tepung kulit bawang putih 3%(T6) mampu menurunkan kadar kolesterol daging serta meningkatkan kadar protein daging dan pertambahan bobot badan kumulatif itik, namun belum mampu menurunkan kadar lemak daging.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:66825
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 15:49
Last Modified:21 Nov 2018 15:49

Repository Staff Only: item control page