Hubungan Antara Kepuasan Pelayanan Makanan Dengan Tingkat Kecukupan Energi Dan Protei Pasien

Rumaropen, Nova Falentina and SS, Darmono and Kartasurya, Martha Irene (2014) Hubungan Antara Kepuasan Pelayanan Makanan Dengan Tingkat Kecukupan Energi Dan Protei Pasien. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
80Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar belakang : Pelayanan gizi di rumah sakit bertujuan menyediakan makanan dengan jumlah sesuai kebutuhan serta memberikan kepuasan bagi pasien. Kurangnya asupan energi dan protein pasien meningkatkan risiko komplikasi, menurunkan efektivitas terapi dan memperpanjang masa rawat inap. Hasil evaluasi asupan makan di RS Abepura tahun 2010 menunjukkan sisa makanan biasa yang tidak habis dimakan sekitar 81% dan meningkat menjadi 85% pada tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kepuasan pelayanan makanan dengan tingkat kecukupan energi dan protein pasien Metode : Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien dewasa yang menerima makanan biasa dan di rawat pada ruang kelas I, II dan III. Responden penelitian 142 responden yang dipilih secara purposive sampling. Kepuasan pelayanan makanan rumah sakit diperoleh melalui hasil wawancara dengan kuesioner, asupan makanan dengan metode comstock. Analisis dilakukan dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian: Rerata tingkat kecukupan energi yaitu: 46,2±18,5% dan tingkat kecukupan protein 66,1±11,1%. Sebagian besar responden bekerja sebagai PNS (32,3%), pendidikan terakhir SMA (50%). Diagnosis penyakit terbanyak di derita malaria (18,3%) terbanyak di rawat di kelas III (43%). Ada hubungan antara cita rasa (p=0,030), penampilan makanan (p=0,006), ketepatan waktu penyajian (p=0,015), sikap petugas penyaji (p=0,006) dengan tingkat kecukupan energi. Ada hubungan antara cita rasa (p=0,011), penampilan makanan (p=0,000), ketepatan waktu penyajian (p=0,002), kebersihan alat penyajian (p=0,006), sikap petugas penyaji (p=0,004) dengan tingkat kecukupan protein. Simpulan : Semakin tinggi kepuasan terhadap pelayanan makanan rumah sakit, semakin tinggi tingkat kecukupan energi dan protein.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:kepuasan pelayanan makanan, tingkat kecukupan energi, tingkat protein, rumah sakit
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66794
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 13:57
Last Modified:21 Nov 2018 13:57

Repository Staff Only: item control page