Pengaruh Pendidikan Kesehatan Bagi Ibu terhadap Perubahan Asupan Energi, Aktivitas Fisik dan Indeks Massa Tubuh pada Anak Kelebihan Berat Badan

Haya, Miratul and Setiawati EM, Mexitalia and Margawati, Ani (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Bagi Ibu terhadap Perubahan Asupan Energi, Aktivitas Fisik dan Indeks Massa Tubuh pada Anak Kelebihan Berat Badan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
55Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar belakang: Persentase anak kelebihan berat badan (overweight) di Propinsi Bengkulu (16,4%) lebih tinggi daripada nasional (11,9%). Faktor penyebab overweight adalah asupan energi yang tinggi dan rendahnya aktivitas fisik. Tujuan penelitian: Menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan bagi ibu terhadap perubahan perilaku ibu serta asupan energi, tingkat aktivitas fisik dan skor-z Indeks Massa Tubuh (IMT) pada anak overweight usia 3-6 tahun. Metode: Desain penelitian quasi-Experiment with non-randomized pre-post test control group. Subjek (48 ibu) diambil secara purposive sampling dan dibagi dalam 2 kelompok (perlakuan dan kontrol). Pendidikan kesehatan pada kelompok perlakuan dilakukan 6 kali dalam 12 minggu. Analisis statistik yang digunakan adalah Independent t-test, Mann Whitney, Paired t-test, Wilcoxon dan Kovarian. Hasil penelitian: Terdapat peningkatan skor sikap (20,9 ± 3,52), persentase asupan karbohidrat (3,7 ± 7,30%) dan tingkat aktivitas fisik (0,04 ± 0,01) pada kelompok perlakuan. Terdapat penurunan tingkat kecukupan energi (-3,4 ± 13,26%) dan skor-z IMT (-0,57 ± 0,26) pada kelompok perlakuan. Terdapat perbedaan sikap, tingkat kecukupan energi, tingkat aktivitas fisik dan skor-z IMT antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol setelah intervensi (p < 0,05). Simpulan : Pendidikan kesehatan bagi ibu memberikan perubahan sikap yang positif pada ibu dan meningkatkan aktivitas fisik, serta menurunkan asupan energi dan skor-z IMT pada anak overweight.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pendidikan kesehatan, overweight, sikap, asupan energi, aktivitas fisik, skor-z IMT
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66788
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 13:46
Last Modified:21 Nov 2018 13:46

Repository Staff Only: item control page