Pengaruh Asupan Energi Dan Protein Terhadap Perubahan Status Gizi Pasien Anak Selama Dirawat Di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Bandawati, Bandawati and Mexitalia, Maria and Rahfiludin, M. Zen (2014) Pengaruh Asupan Energi Dan Protein Terhadap Perubahan Status Gizi Pasien Anak Selama Dirawat Di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
66Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang : Asupan energi dan protein yang adekuat bagi anak yang dirawat inap sangat diperlukan dalam upaya mencegah penurunan status gizi yang terjadi selama masa perawatan. Dukungan gizi adalah bagian dari terapi yang berperan bagi kesembuhan pasien anak. Tujuan : Menganalisis pengaruh asupan energi dan protein terhadap perubahan status gizi pasien anak selama dirawat. Metode : Penelitian observasional dengan rancangan kohort prospektif, dari bulan Maret – April 2014. Subjek sebanyak 52 anak, usia 2-14 tahun dari ruang anak RSUP Dr. Kariadi Semarang, diperoleh secara concecutive sampling. yang dirawat inap ≥ 7 hari dan memenuhi kriteria inklusi. Data berat badan diukur pada awal masuk dan pada saat pulang. Status gizi dinilai dengan skor Z BB/TB dengan program WHO Anthro 2005. Data asupan makanan diperoleh dengan metode comstock untuk makanan rumah sakit dan recall 24 jam untuk makanan luar rumah sakit. Data dianalisis dengan uji chi-square dan uji fisher’s exact. Hasil : Sebanyak 48,1% subjek mempunyai asupan energi yang tidak cukup dan 53,9% subjek mempunyai asupan protein yang tidak cukup. Sebanyak 48,1% subjek menurun status gizinya setelah dirawat di rumah sakit. Ada hubungan antara asupan energi (p=0,003) dan asupan protein (p=0,003) terhadap perubahan status gizi selama dirawat di rumah sakit. Subjek dengan asupan energi yang tidak cukup mempunyai risiko 26 kali (95% CI 3,31-291,09) untuk mengalami penurunan skor Z BB/TB dibandingkan subjek dengan asupan energi cukup. Subjek dengan asupan protein tidak cukup mempunyai risiko 20 kali (95% CI 4,24-230,52) untuk mengalami penurunan skor Z BB/TB di rumah sakit dibandingkan subjek dengan asupan protein cukup. Simpulan : Asupan energi dan protein yang tidak cukup pada anak selama dirawat di rumah sakit berakibat mengalami penurunan status gizi.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Asupan energi, asupan protein, anak, rawat inap anak
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66780
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 13:33
Last Modified:21 Nov 2018 13:33

Repository Staff Only: item control page