METODE PENGAMBILAN EKSTRAK KLOROFIL DARI DAUN PEPAYA (Carica Papaya L.) DENGAN VARIASI WAKTU EKSTRAKSI MENGGUNAKAN EKSTRAKTOR HIDROTERMAL (Method Of Taking Clopping Extract From Papaya Leaf (Carica Papaya L.) With Extraction Time Variation Using Hydrothermal Extractor)

Rering, Sergius Mariam Aresthya (2018) METODE PENGAMBILAN EKSTRAK KLOROFIL DARI DAUN PEPAYA (Carica Papaya L.) DENGAN VARIASI WAKTU EKSTRAKSI MENGGUNAKAN EKSTRAKTOR HIDROTERMAL (Method Of Taking Clopping Extract From Papaya Leaf (Carica Papaya L.) With Extraction Time Variation Using Hydrothermal Extractor). Undergraduate thesis, undip.

[img]PDF (LAPORAN TA)
Restricted to Repository staff only

1458Kb

Abstract

Pepaya (Carica papaya L.) berasal dari familiy Caricaceae. Pepaya bukan pohon, melainkan tanaman obat berair banyak yang mempengaruhi self supporting pada batang. Pepaya merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Tanaman pepaya banyak sekali manfaatnya seperti buah dan daunnya yang banyak sekali dimanfaatkan. Namun bagian dari pepaya yakni berupa daunnya belum dimanfaatkan secara maksimal, padahal jika diolah lebih lanjut dapat memiliki nilai jual yang tinggi. Penelitian kali ini mencoba mengisolasi daun pepaya dengan cara ekstraksi untuk diambil kl orofilnya. Ekstraksi dilakukan dengan menggunakan pelarut berupa metanol selama 1 jam 15 menit dengan dilakukan pengambilan sampel setiap 15 menit sekali yang nantinya akan diuji kadar total klorofilnya menggunakan alat spektrofotometri dengan panjang gelombang cahaya tampak yang digunakan adalah 645 nm dan 663 nm. Perbandingan antara solute dan solvent yang digunakan yakni 1:1,1 pada temperatur 50 o C. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh waktu yang paling optimal untuk pengambilan sampel yakni pada menit ke-60 dengan kadar klorofil tertinggi yakni sebesar 0,4654 mg/L. Kata Kunci : pepaya, klorofil, ekstraksi, spektrofotometri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:66766
Deposited By:Ms Siti Sundari Vokasi
Deposited On:21 Nov 2018 13:07
Last Modified:21 Nov 2018 13:07

Repository Staff Only: item control page