Pengaruh Suplementasi B - carotene Terhadap Kadar Glukosa Darah Dan Kadar Malondialdehida Pada Tikus Sprague Dawley Yang Diinduksi Streptozotocin

Soviana, Elida and Rahmawati, Banundari and WIDYASTITI, NYOMAN SUCI (2013) Pengaruh Suplementasi B - carotene Terhadap Kadar Glukosa Darah Dan Kadar Malondialdehida Pada Tikus Sprague Dawley Yang Diinduksi Streptozotocin. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
62Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar belakang : Hiperglikemia pada diabetes mellitus dapat menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan terjadinya lipid peroksida dengan membentuk malondialdehida (MDA). β-carotene memiliki aktivitas antioksidan yang dapat menghambat terbentuknya ROS Tujuan : Membuktikan pengaruh dosis bertingkat β-carotene 1 mg/kg BB, 10 mg/kg BB dan 20 mg/kg BB melalui sonde 2 hari sekali dalam 30 hari terhadap penurunan kadar glukosa darah dan kadar MDA pada tikus jantan Sprague Dawley yang diinduksi STZ. Metode Penelitian: Tiga puluh tikus dibagi acak menjadi 5 kelompok = X1 (kontrol negatif/diabetik); X2 (STZ 40 mg/kg BB + BC 1 mg/kg BB); X3 (STZ 40 mg/kg BB + BC 10mg/kg BB); X4 (STZ 40 mg/kg BB + BC 20 mg/kg BB); X5 (kontrol teknik/non diabetik). Pemberian BC diberikan melalui sonde, dua hari sekali dalam 30 hari. Kadar glukosa darah diperiksa menggunakan metode GDO-PAP, kadar MDA menggunakan ELISA dengan metode TBARS. Analisis data diuji dengan menggunakan paired t-test, wilcoxon, one way anova dan post hoc bonferroni. Hasil : Ada perbedaan yang bermakna pada kadar glukosa darah (p = 0,0001) dan MDA (p = 0,0001) setelah diberi perlakuan β-carotene dosis bertingkat 1 mg/kg BB, 10 mg/kg BB dan 20 mg/kg BB melalui sonde 2 hari sekali dalam 30 hari. Pemberian dosis 10 mg/kg BB merupakan dosis yang paling efektif dan efisien untuk menurunkan kadar glukosa darah dan dosis 20 untuk menurunkan kadar MDA. Simpulan : Pemberian β-carotene dosis bertingkat 1 mg/kg BB, 10 mg/kg BB dan 20 mg/kg BB melalui sonde 2 hari selama 30 hari dapat menurunkan kadar glukosa darah dan MDA. Pemberian β-carotene 10 mg/kg BB yang paling efektif dan efisien untuk menurunkan kadar glukosa darah dan β-carotene 20 mg/kg BB untuk menurunkan kadar MDA.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:β-carotene, glukosa darah, malondialdehida, diabetes mellitus
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66748
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 10:40
Last Modified:21 Nov 2018 10:40

Repository Staff Only: item control page