Pengaruh Suplementasi B - carotene Terhadap Kadar Kolesterol Total, Trigliserida Dan Malondialdehyda Pada Rattus Norvegicus Sprague Dawley Diabetik

Ermawati, Devi and Rachmawati, Banundari and WIDYASTITI, NYOMAN SUCI (2013) Pengaruh Suplementasi B - carotene Terhadap Kadar Kolesterol Total, Trigliserida Dan Malondialdehyda Pada Rattus Norvegicus Sprague Dawley Diabetik. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
61Kb

Abstract

Latar Belakang : diabetes mellitus (DM) berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol total dan trigliserida, serta ditandai dengan peningktan produksi malondialdehyde. β-carotene mempunyai aktifitas antioksidan, kontrol glikemik dan kontrol lipid. Tujuan : membuktikan pengaruh pemberian β-carotene terhadap penurunan kadar kolesterol total, trigliserida dan MDA pada tikus jantan Rattus norvegicus sprague dawley diabetik. Metode : tiga puluh ekor tikus dibagi acak menjadi 5 kelompok : 1 (stz), 2 (stz+β-carotene 1 mg/kg BB), 3 (stz+β-carotene 10 mg/kg BB), 4 (stz+β-carotene 20 mg/kg BB), 5 (normal). Induksi streptozotocin 40 mg/kg BB intraperitoneal. β-carotene diberikan melalui sonde dua hari sekali dalam 30 hari. Pemeriksaan kadar glukosa darah dengan metode GOD-PAP, kolesterol total menggunakan CHOD-PAP, trigliserida menggunakan GPO dan MDA dengan metode TBARS. Uji hipotesis penurunan kadar kolesterol total, trigliserida dan MDA setelah perlakuan suplementasi β-carotene diuji dengan one way anova dan dilanjutkan dengan post hoc bonferroni untuk menganalisa dosis yang paling efektif dan efisien. Hasil : terdapat perbedaan dengan bermakna pada kadar kolesterol total (p=0,002) setelah pemberian β-carotene 10 mg/kg BB melalui sonde dua hari sekali dalam 30 hari. Dosis β-carotene 10 mg/kg BB yang paling efektif dan efisien untuk menurunkan kadar kolesterol total dibandingkan dosis lainnya. Terdapat perbedaan dengan bermakna pada kadar trigliserida (p=0,0001) dan MDA (p=0,0001). Dosis β-carotene 10 mg/kg BB yang paling efektif dan efisien untuk menurunkan kadar trigliserida, sedangkan dosis β-carotene 20 mg/kg BB yang paling efektif dan efisien untuk menurunkan kadar MDA dibandingkan dosis lainnya. Simpulan : dosis β-carotene 10 mg/kg BB lebih efektif dan efisien untuk menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dibandingkan dosis lainnya. Dosis β-carotene 20 mg/kg BB lebih efektif dan efisien untuk mrnurunkan kadar MDA dibandingkan dosis lainnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:β-carotene, kolesterol total, trigliserida, MDA, diabetik
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66746
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 10:36
Last Modified:21 Nov 2018 10:36

Repository Staff Only: item control page