Pengaruh Ekstrak Buah Naga Daging Merah (Hylocereus polyrhizus) Terhadap Berat Badan, Indeks Fagositosis Makrofag Dan Produksi Nitrit Oksida Makrofag (Studi Pada Mencit BALB / c Yang Diinfeksi Salmonella typhimurium)

Kusdalinah, Kusdalinah and Johan, Andrew and Wijayahadi, Noor (2013) Pengaruh Ekstrak Buah Naga Daging Merah (Hylocereus polyrhizus) Terhadap Berat Badan, Indeks Fagositosis Makrofag Dan Produksi Nitrit Oksida Makrofag (Studi Pada Mencit BALB / c Yang Diinfeksi Salmonella typhimurium). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
141Kb

Abstract

Latar Belakang: Salmonella typhimurium memiliki kemampuan untuk menghindari perangkap fagosom sehingga tetap hidup dalam sitoplasma. Makrofag yang teraktivasi oleh fagosit mikroba akan memproduksi senyawa nitrit oksida (NO) yang merupakan agen mikrobisidal kuat. Senyawa polifenol terbukti sebagai agen imunomodulator. Hylocereus polyrhizus kaya akan senyawa polifenol dan berpotensi memperbaiki nafsu makan. Tujuan: Membuktikan pengaruh berbagai dosis (6 mg, 12 mg, dan 24 mg / berat 20 g tikus) ekstrak Hylocereus polyrhizus untuk meningkatkan berat badan, meningkatkan fagositosis makrofag dan produksi NO oleh makrofag. Metode: Penelitian eksperimen selama empat belas hari pada tikus BALB/c dewasa jantan dengan menggunakan post-test post-test only controlled group design. Kelompok perlakuan mendapat dosis 6 mg/hari (X1), 12 mg/hari (X2), dan 24 mg/hari (X3), sementara kelompok control tidak diberikan ekstrak Hylocereus polyrhizus. Semua kelompok baik kelompok perlakuan maupun kontrol diinfeksi oleh Salmonella typhimurium 105. CFU secara intraperitoneal pada hari ke-10. Hasil: Berat badan pada kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (p = 0,037). Indeks fagositosis makrofag lebih tinggi pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol tetapi tidak signifikan (p = 0,154). Produksi NO lebih tinggi pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol, tetapi tidak signifikan (p = 0,332). Simpulan: Berat badan meningkat secara signifikan namun peningkatan indeks fagositosis makrofag dan produksi NO tidak signifikan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Hylocereus polyrhizus, Berat, indeks Fagositosis, NO
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66744
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:21 Nov 2018 10:27
Last Modified:21 Nov 2018 10:27

Repository Staff Only: item control page