PENGARUH pH DAN JUMLAH PELARUT TERHADAP KADAR GINGEROL DAN SHOGAOL YANG TERKADUNG DALAM EKSTRAK JAHE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI EKSTRAKSI BERPENGADUK (The Effect of pH and Amount of Solvents of Gingerol and Shogaol Extracted from Ginger by using Agitated Extractor)

Anggista, Giovani (2018) PENGARUH pH DAN JUMLAH PELARUT TERHADAP KADAR GINGEROL DAN SHOGAOL YANG TERKADUNG DALAM EKSTRAK JAHE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI EKSTRAKSI BERPENGADUK (The Effect of pH and Amount of Solvents of Gingerol and Shogaol Extracted from Ginger by using Agitated Extractor). Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF (COVER,LAP TA)
1267Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I)
10Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
198Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III)
181Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
313Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

307Kb
[img]PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

446Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
112Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
584Kb

Abstract

Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu komoditas ekspor yang memberikan peranan cukup berarti dalam penerimaan devisa. Produk olahan jahe lainnya yang dapat dikembangkan adalah oleoresin jahe. Oleoresin jahe mengandung komponen gingerol, shogaol, zingerone, resin dan minyak atsiri. Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam jahe seperti gingerol, shogaol, dan paradol diteliti memiliki sifat sebagai anti -inflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antitrombosit Gingerol diteliti memiliki efek analgesik, sedatif, dan antibakteri secara in vitro dan in vivo. Senyawa shogaol jahe yang diekstrak dengan heksan diteliti memiliki efek antifouling agents. Proses pengambilan kandungan Gingerol dan Shogaol dilakukan dengan metode ekstraksi berpengaduk dengan pelarut air. Rendemen oleoresin jahe berkisar antara 3.2-9.5%, sementara kandungan gingerol dalam oleoresin antara 14-25% dan shogaol dalam oleoresin antara 2.8-7.0% Selanjutnya ekstrak jahe dianalisa kadar Gingerol dan Shogaol dengan uji spektrofotometri. Percobaan dilakukan dengan mengekstraksi jahe dengan pelarut air pada suhu 120 0 C selama 1 jam. Pada Variabel I, percobaan dilakukan dengan jumlah pelarut 4 liter dan pH 4. Pada Variabel II, percobaan dilakukan dengan jumlah pelarut 6 liter dan pH 5. Pada Variabel III, percobaan dilakukan dengan jumlah pelarut 8 liter dan pH 6. Didapatkan kadar Gingerol dan Shogaol 1,450% ; 1,838% ; 8,956% ; 11,102% ; 17,852% ; 21,073%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada waktu ekstraksi menit ke-30 dan ke-60 kadar Gingerol dan Shogaol yang dihasilkan tidak berbeda jauh, dengan meningkatnya pH memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kadar Gingerol dan Shogaol yang dihasilkan dan dengan meningkatnya jumlah pelarut maka kadar Gingerol dan Shogaol yang dihasilkan semakin banyak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:66736
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 10:00
Last Modified:21 Nov 2018 10:00

Repository Staff Only: item control page