PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN MODUL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK MAKANAN PENDAMPING ASI (MP – ASI) PADA IBU ANAK BADUTA

Suhartono P, Sri Hapsari and Nugraheni, SA. and Margawati, Ani (2013) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN MODUL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK MAKANAN PENDAMPING ASI (MP – ASI) PADA IBU ANAK BADUTA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
54Kb

Abstract

Latar Belakang : Rendahnya praktik pemberian MP-ASI merupakan salah satu masalah di Indonesia. Peningkatan praktik didasari dengan adanya penambahan pengetahuan dan sikap. Pendidikan gizi mengenai pemberian MP-ASI yang benar pada ibu bayi usia 6 – 24 bulan perlu dilaksanakan. Pendidikan gizi menggunakan modul dengan bahasa yang mudah dipahami dan bisa dipelajari di rumah diharapkan dapat meningkatan pengetahuan dan sikap yang nantinya dapat merubah praktik pemberian makan. Tujuan : Menganalisis pengaruh pendidikan gizi menggunakan modul terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada ibu anak baduta. Metode Penelitian : Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experiment with non randomized pre post-test control group design. Subjek diambil secara purposive sampling, dengan jumlah subjek adalah 24 ibu untuk setiap kelompok. Pelatihan modul MP-ASI diberikan selama 2 hari. Analisis statistik yang digunakan adalah Independent Samples T-Test, Mann Whitney, Paired T Test dan Wilcoxon. Hasil : Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan gizi menggunakan modul MP-ASI berpengaruh bermakna (p < 0,05) terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik ibu mengenai pemberian MP-ASI pada kelompok perlakuan, dan perubahan skornya lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Retensi pengetahuan MP-ASI mengalami penurunan yang bermakna (p<0,05) pada 1 bulan setelah perlakuan. Penurunan retensi sikap MP-ASI secara statistik tidak bermakna (p>0,05) pada 2 minggu dan tetap pada 1 bulan setelah perlakuan. Retensi praktik mengalami peningkatan bermakna (p<0,05) pada 2 minggu dan 1 bulan setelah perlakuan. Simpulan : Pendidikan gizi menggunakan modul dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik MP-ASI pada ibu anak baduta

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University
Uncontrolled Keywords:pendidikan gizi, modul MP-ASI, pengetahuan MP-ASI, sikap MP-ASI, praktik MP-ASI
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nutrition Science
ID Code:66734
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 09:46
Last Modified:21 Nov 2018 09:46

Repository Staff Only: item control page