Uji Kinerja Agitated Thin Film Evaporator Bertekanan Vakum Guna Menjaga Kualitas Susu (Performance Test Agitated Thin Film Vacuum Pressure Evaporator To Maintain Milk Quality)

Dewayani, Ratna Kartika (2018) Uji Kinerja Agitated Thin Film Evaporator Bertekanan Vakum Guna Menjaga Kualitas Susu (Performance Test Agitated Thin Film Vacuum Pressure Evaporator To Maintain Milk Quality). Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF (COVER)
166Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I)
12Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
319Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III)
8Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
137Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

214Kb
[img]PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

270Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII)
82Kb

Abstract

Susu evaporasi merupakan susu yang diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air dari susu segar atau susu rekonitusi atau susu rekombinasi dengan menggunakan proses evaporasi hingga diperoleh tingkat kepekatan tertentu. Berdasarkan proses pengolahan susu evaporasi yang mengalami proses pemanasan tentunya akan berpengaruh dengan kualitas susu tersebut. Guna mengatasi permasalahan pada kualitas susu evaporasi tersebut dapat digunakan teknologi mesin tipe Agitated Thin Film Evaporator bertekanan vakum. Agitated Thin Film Evaporator merupakan mesih evaporator berbentuk tabung vertikal atau horizontal dengan pemanas diluar tabung. Agitated Thin Film Evaporator beroperasi pada tekanan vakum atau tekanan di bawah 1 atm, tujuan dari kondisi operasi ini adalah agar proses penguapan dapat berlangsung pada kondisi suhu rendah, sehingga kerusakan yang disebabkan oleh suhu dapat dikurangi, sehingga kualitas susu yang dihasilkan tetap terjaga. Susu yang telah di evaporasi tersebut kemudian dianalisa densitas, viskositas dan kandungan proteinnya untuk mengetahui apakah kandungannya tetap atau semakin berkurang. Metode analisa protein yang digunakan adalah analisa protein metode formol. Dari hasil praktikum yang dilakukan diperoleh nilai densitas terbesar pada sampel menit ke 120 yaitu 1,0408 gr/ml dan nilai viskositas terbesar pada sampel menit ke 120 yaitu 2,92 cP. Sedangkan kadar protein tertinggi diperoleh pada menit ke 15 yaitu 17,51 %, sedangkan waktu optimum untuk proses evaporasi adalah pada menit ke 75 guna mendapatkan kadar protein sesuai dengan SNI. Kata Kunci : analisa protein, evaporasi vakum, susu evaporasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:66580
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Nov 2018 16:25
Last Modified:19 Nov 2018 09:49

Repository Staff Only: item control page