REPRESENTASI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM IKLAN ROKOK BENTOEL TAHUN 1980 SAMPAI 2017

Yasinta, Noviana Dwi (2018) REPRESENTASI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM IKLAN ROKOK BENTOEL TAHUN 1980 SAMPAI 2017. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF (Complete)
Restricted to Repository staff only

1909Kb
[img]
Preview
PDF (Without Chapter IV and Attachment)
2380Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merepresentasikan perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia melalui data iklan rokok Bentoel. Sumber data diperoleh dari media cetak dan media luar ruang yang memuat iklan rokok Bentoel serta dokumen lainya yang terkait iklan melalui metode interaktif dan noninteraktif. Sampel data berjumlah 24 iklan rokok yang telah diklasifikasikan berdasarkan tahun publikasinya. Metode analisis yang digunakan mengacu pada teori semiotika sosial (Halliday, 1978). Temuan penelitian ini mendeskripsikan representasi perubahan sosial budaya yang terjadi pada empat aspek iklan 1) representasi perubahan pola komunikasi masyarakat terjadi pada aspek penggunaan teks dan gambar iklan; 2) representasi perubahan gaya hidup masyarakat terjadi pada aspek tema iklan; 3)representasi perubahan penggunaan bahasa masyarakat terjadi pada aspek gaya bahasa iklan; 4) representasi perubahan penggunaan teknologi masyarakat terjadi pada aspek lanskap linguistik

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Dr. M. Suryadi, M.Hum
Uncontrolled Keywords:Perubahan sosial budaya, iklan rokok, semiotika sosial
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:66279
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Nov 2018 11:19
Last Modified:12 Nov 2018 11:30

Repository Staff Only: item control page