Hubungan antara Dukungan Sosial Suami dengan Konflik Peran Ganda pada Karyawan Bagian Produksi di PT. Royal Korindah Purbalingga

Destiantari, Erizka Kusma and Indrawati, Endang Sri (2018) Hubungan antara Dukungan Sosial Suami dengan Konflik Peran Ganda pada Karyawan Bagian Produksi di PT. Royal Korindah Purbalingga. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Draft Version
389Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial suami dengan konflik peran ganda pada karyawan bagian produksi di PT. Royal Korindah Purbalingga. Dukungan sosial suami adalah persepsi individu (istri) terhadap bantuan yang diberikan oleh suami, sedangkan konflik peran ganda adalah perilaku individu yang kesulitan terhadap tuntutan dari dua peran yaitu sebagai karyawan bagian produksi dan sebagai istri/ibu. Subjek penelitian adalah karyawan bagian produksi di PT. Royal Korindah Purbalingga. Total populasi dalam penelitian ini yaitu 190 orang, sampel penelitian sebanyak 123 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik convinience sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala konflik peran ganda (37 aitem, α = 0.890) dan skala dukungan sosial suami (36 aitem α = 0.947), yang diujicobakan kepada 67 karyawan bagian produksi di PT. Royal Korindah Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial suami dengan konflik peran ganda sebesar rxy= -0,447 dengan p= 0,000 (p<0,05). Dukungan sosial suami memberikan sumbangan efektif terhadap konflik peran ganda pada sebesar 20% dan sisanya 80% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:66160
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2019 15:58
Last Modified:14 Feb 2019 15:58

Repository Staff Only: item control page