PENGARUH DIET SODIUM DAN PEMBATASAN CAIRAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP KESEIMBANGAN CAIRAN DAN DYSPNEA PADA PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF (CHF)

Putradana, Agus and Mardiyono, Mardiyono and Rochana, Nana (2018) PENGARUH DIET SODIUM DAN PEMBATASAN CAIRAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP KESEIMBANGAN CAIRAN DAN DYSPNEA PADA PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF (CHF). Masters thesis, MEDICINE.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Mb

Abstract

Program Studi Magister Keperawatan Konsentrasi Keperawatan Dewasa Departemen Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro September 2018 ABSTRAK Agus Putradana Pengaruh Diet Sodium Dan Pembatasan Cairan Berbasis Aplikasi Android Terhadap Keseimbangan Cairan Dan Dyspnea Pada Pasien Gagal Jantung Kongestif (CHF) xviii +160 halaman + 13 tabel +7 gambar + 3 grafik + 13 lampiran Pembatasan cairan dan Diet sodium merupakan salah satu terapi non-farmakologis yang dilakukan bagi penderita Gagal Jantung Kongestif grade NYHA II dengan gejala dyspnea yang disebabkan oleh terjadinya ketidak seimbangan cairan tubuh. Dibutuhkan suatu penanganan yang dapat memfasilitasi pasien dalam melakukan kontrol konsumsi cairan, konsumsi sodium serta pencatatan gejala dyspnea yang muncul. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh Pembatasan cairan dan Diet sodium berbasis aplikasi android terhadap perbaikan keseimbangan cairan dan penurunan gejala dyspnea pada pasien gagal jantung kongestif. Desain penelitian quasy eksperimen, dengan menggunakan simple random sampling, 40 orang kelompok intervensi dan 40 orang kelompok kontrol, dengan analisis uji Chi-square, Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbaikan keseimbangan cairan (p=0.001), dan penururnan gejala dyspnea (p=0.001). Terdapat pengaruh Pembatasan Cairan dan Diet Sodium berbasis aplikasi android terhadap perbaikan keseimbangan cairan dan penurunan gejala dyspnea pada pasien gagal jantung kongestif NYHA II. Intervensi diet sodium dan pemabatasan cairan berbasis aplikasi android ini merupakan intervensi yang mudah digunakan serta sangat bermanfaat untuk dilakukan bagi pasien gagal jantung kongestif NYHA II. Keywords: Aplikasi Android, diet sodium, dyspnea, keseimbangan cairan, pembatasan cairan

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:66103
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Nov 2018 15:15
Last Modified:22 Nov 2018 15:15

Repository Staff Only: item control page