HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN PELAYANAN DAN KERAMAHAN PETUGAS DENGAN JUMLAH KUNJUNGAN RAWAT JALAN PUSKESMAS DI KOTA SEMARANG TAHUN 2000

LUTRIARSI, RIPTIENI TRI (2001) HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN PELAYANAN DAN KERAMAHAN PETUGAS DENGAN JUMLAH KUNJUNGAN RAWAT JALAN PUSKESMAS DI KOTA SEMARANG TAHUN 2000. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Puskesmas sebagai suatu institusi pelayan terdepan di masyarakat mempunyai peran yang stategis dalam pembangun kesehatan. Pemanfaatan puskesmas dapat diukur dari jumlah kunjungan puskesmas. Semakin tinggi jumlah kunjungan puskesmas semakin tinggi pula tingkat pemanfaatan puskesmas oleh masyarakat. Penilaian pelayanan kesehatan dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai pengguna pelayana kesehatan tersebut. Sebagai pemakai jasa. Mutu pelayanan kesehatan lebih terkait pada dimensi ketanggapan petugas memenuhi kebutuhan pasien, kelancaran komunikas antara petugas dengan pasien, keprihatinan seta keramah tamahan petugas dalam melayani pasien dan kesembuha penyakit yang sedang diderita pasien. Penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara kecepatna pelayan petugas dan keramahan petugas dengan jumlah kunjungan rawat jalan puskesmas di kota Semarang tahun 2000. Jenis penelitian dengan menggunakan metode survei dengan pendekatna cross sectional. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Spearmen’surveilans dan uji Kendall’surveilans tau_b. Hasil penelitian menggambarkan bahwa rata-rata waktu pelayan petugas dalam memberikan pelayanan yang terbesar adalah pada range 30-35,5 menit sebanyak 60% dan rata-rata waktu pelayanan yang terkecil adalah pada range 41-45,5 menit sebanyak 15%. Sedangkan sebagian besar pengunjung menyatakan bahwa tingkat keramahan petugas yang memberiaknpel paling banyak adalah kategori cukup ramah (55%) dan yang paling sedikit adalah kategori ramah (5%). Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecepatan pal petugas dengan jumlah kunjungan rawat jalan puskesmas, ada hubungan antara keramahan petugas dengan jumlah kunjungan. Perlu diupayakan peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan agar jumlah kunjungan rawat jalan menigkat yaitu antara lain dengan meningkatakankecepatan pelayanan petugas di puskesmas dan membudayakan perilaku ramah bagi seluruh karyawan puskesmas terutama pada saat memberikan pelayanan Kata Kunci: PUSKESMAS, KUNJUNGAN, KECEPATAN, KERAMAHAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:6587
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Feb 2010 13:40
Last Modified:05 Feb 2010 13:40

Repository Staff Only: item control page