APLIKASI PREDIKSI PEMBAYARAN BULANAN SANTRI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (Studi Kasus Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Meteseh Semarang)

Istiana, Selvi Ratna and Waspada, Indra (2018) APLIKASI PREDIKSI PEMBAYARAN BULANAN SANTRI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (Studi Kasus Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Meteseh Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

330Kb

Abstract

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah merupakan salah satu pondok pesantren yang berada di Meteseh Semarang. Pondok Pesantren tersebut pada tahun 2012 sampai 2016 telah menerima santri sebanyak 262 dari berbagai daerah di Indonesia. Pemenuhan kebutuhan hidup santri adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pondok pesantren. Kebutuhan hidup khususnya yang bersifat mendasar yaitu makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan dan perawatan kesehatan. Santri membayar biaya bulanan untuk mencukupi kebutuhan hidup santri di pondok pesantren. Dari data yang didapatkan dari pihak pesantren, jumlah santri yang terlambat membayar biaya bulanan cukup banyak. Dari masalah tersebut diperlukan prediksi pembayaran bulanan untuk memperkirakan apakah santri akan melakukan keterlambatan pembayaran atau tidak. Data mining dapat menggali informasi dari data yang jumlahnya sangat besar dengan metode-metode tertentu untuk mendapat informasi atau ilmu pengetahuan yang baru. Data mining bisa digunakan untuk memprediksi keterlambatan pembayaran bulanan pada santri dengan menerapkan decision tree dengan algoritma C4.5. Penggunaan algoritma C4.5 yang diterapkan dalam data pembayaran bulanan santri di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Meteseh Semarang menghasilkan akurasi rata-rata 81.15%, dengan nilai rata-rata precision adalah 77.62 % dan rata-rata nilai recall adalah 91.90 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:65835
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Oct 2018 20:07
Last Modified:11 Oct 2018 20:07

Repository Staff Only: item control page