PERANGKAT LUNAK PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA MINIMARKET MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DENGAN PEMODELAN CCR INPUT-ORIENTED

Pramusinta, Kirana and Noranita, Beta (2018) PERANGKAT LUNAK PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA MINIMARKET MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DENGAN PEMODELAN CCR INPUT-ORIENTED. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

754Kb

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas terhadap suatu minimarket diperlukan adanya pengukuran efisiensi kinerja. Berdasarkan penelitian sebelumnya, dinyatakan bahwa kontrol manajerial perusahaan terdiri dari variabel input untuk mengukur efisiensi kinerja, seperti biaya operasional, biaya administrasi dan biaya penjualan. Pengelolaan input yang baik akan meningkatkan variabel output berupa jumlah pendapatan dan profit. Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pemodelan CCR InputOriented untuk membantu pengukuran kinerja terhadap 5 Decision Making Unit (DMU). Metode DEA dengan pemodelan CCR Input-Oriented bertujuan untuk mengurangi nilai variabel input dalam mencapai suatu nilai variabel output. Penelitian dilakukan dengan membandingkan nilai efisiensi antar DMU. Hasil uji coba dengan data mendapatkan hasil bahwa DMU 2 merupakan yang paling efisien dengan nilai efisiensi = 1. Sedangkan 4 DMU lainnya belum efisien atau nilai efisiensinya < 1. DMU yang sudah efisien akan menjadi benchmark dari DMU yang belum efisien. Perangkat Lunak Pengukuran Efisiensi Kinerja Minimarket akan memberikan gambaran mengenai kondisi DMU. Aspek yang digunakan dalam usability testing yaitu effectiveness, efficiency, learnability, dan satisfaction. Uji coba perangkat lunak dengan pengguna menunjukkan nilai usability testing terhadap aktor admin yaitu effectiveness 87,5%, efficiency 80,56%, learnability 88%, dan satisfaction 96%. Sedangkan hasil usability testing terhadap aktor supervisor yaitu effectiveness 86,67%, efficiency 81,37%, learnability 84%, dan satisfaction 88%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:65829
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Oct 2018 19:39
Last Modified:11 Oct 2018 19:39

Repository Staff Only: item control page