PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI PERIZINAN TRAYEK ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) BERBASIS ONLINE DENGAN MODEL PROSES FRAMEWORK FOR THE APPLICATION OF SYSTEM TECHNIQUES (FAST)

Lestari, Wiji and Riyanto, Djalal Er (2018) PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI PERIZINAN TRAYEK ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) BERBASIS ONLINE DENGAN MODEL PROSES FRAMEWORK FOR THE APPLICATION OF SYSTEM TECHNIQUES (FAST). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

799Kb

Abstract

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, memiliki Seksi Angkutan Orang dalam Trayek yang bertugas memberikan izin trayek angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Pemilik perusahaan angkutan AKDP sebagai pemohon mengajukan permohonan perizinan trayek dengan datang ke Dinas Perhubungan. Permohonan diproses menggunakan Sistem Informasi Perizinan Trayek yang berbasis desktop. Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM.35 Tahun 2003 pemrosesan perizinan dilakukan selambatlambatnya dalam 14 hari kerja. Dari data tahun 2015 pelayanan dengan waktu pemrosesan 14 hari tercapai sebanyak 14%, yang menunjukan rendahnya kualitas pelayanan perizinan trayek. Hal tersebut dipengaruhi penumpukan permohonan dan tidak segera diatasinya berkas administratif yang kurang lengkap. Pencarian informasi izin trayek oleh petugas dilakukan tanpa menggunakan sistem yang sudah ada dikarenakan sistem tidak mendukung proses pencarian informasi. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah sistem baru berbasis online yang dapat membantu pelayanan perizinan trayek. Pada pengembangan sistem digunakan model proses FAST (Framework for the Application of System Technique). Model proses ini menggunakan pendekatan PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, Services) untuk menganalisa permasalahan menjadi masalah utama yang lebih tajam dan spesifik. Penelitian ini menghasilkan Sistem Administrasi Perizinan Trayek Angkutan AKDP yang dapat digunakan untuk membantu pelayanan dan pencarian informasi izin trayek secara online. Proses pengujian black box menunjukkan sistem baru telah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan fungsional sistem. Pengujian usability yang meliputi aspek learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction memperoleh nilai persentase keseluruhan 93,98% dengan hasil kualifikasi sangat baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:65824
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Oct 2018 19:09
Last Modified:11 Oct 2018 19:09

Repository Staff Only: item control page