SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN PEMANTAUAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN MENGGUNAKAN OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN PADA DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER/ INFORMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Sinaga, Friscila Debora and Riyanto, Djalal Er (2018) SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN PEMANTAUAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN MENGGUNAKAN OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN PADA DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER/ INFORMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

933Kb

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan praktik kerja/ magang yang dilakukan oleh mahasiswa Departemen Ilmu Komputer/ Informatika Universitas Diponegoro tingkat sarjana (S1) pada suatu perusahaan/ instansi/ organisasi untuk menerapkan mata kuliah yang sudah pernah diambil. Layanan administrasi PKL pada Departemen Ilmu Komputer/Informatika Universitas Diponegoro belum terlaksana secara optimal karena belum didukung sistem online. Proses pendaftaran PKL saat ini dilakukan mahasiswa dengan mengisi formulir pendaftaran PKL serta melampirkan KRS untuk dikumpulkan kepada koordinator PKL. Data pendaftaran tersebut diolah dengan Microsoft Excel. Dalam proses bimbingan, dosen pembimbing belum didukung data riwayat secara online tentang mahasiswa bimbingannya. Dalam proses pemantauan dan evaluasi, ketua departemen belum didukung data pelaksanaan PKL yang lengkap dan dapat diakses dengan mudah. Penelitian ini menghasilkan sistem berbasis web yang mengatasi masalah-masalah tersebut. Sistem ini memiliki fungsi-fungsi untuk proses pendaftaran, pengelolaan data, dan pemantauan pelaksanaan PKL secara online, sehingga dapat digunakan untuk peningkatan kualitas layanan pelaksanaan PKL. Sistem dibangun dengan menggunakan Object Oriented Analysis and Design (OOAD). OOAD merupakan pengembangan sistem yang mencakup analisis dan perancangan dengan pendekatan objek yang memetakan objek-objek pada sistem dengan baik seperti kondisi pada dunia nyata. Objek-objek dalam sistem diidentifikasi, kemudian ditentukan atribut dan metode yang terdapat di dalamnya, dan digambarkan bagaimana objek-objek tersebut saling berkomunikasi dalam diagram-diagram UML. Proses pengujian sistem menggunakan pengujian black box dan pengujian usability. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa sistem telah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan fungsional sistem. Hasil pengujian usability yang meliputi aspek kemudahan, efisiensi, mudah diingat, kesalahan, dan kepuasan pada sistem ini memperoleh nilai persentase keseluruhan 87,00% dengan hasil kualifikasi sangat baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:65822
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:11 Oct 2018 18:05
Last Modified:11 Oct 2018 18:05

Repository Staff Only: item control page