APLIKASI FRAMEWORK PEMBELAJARAN MESIN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE OBJECT-ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN (OOAD)

Salim, Muhammad Noval Bintang and Adhy, Satriyo (2018) APLIKASI FRAMEWORK PEMBELAJARAN MESIN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE OBJECT-ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN (OOAD). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

922Kb

Abstract

Saat ini, ada beberapa aplikasi yang memberikan kemudahan untuk mengolah data yang dimiliki menggunakan algoritma pembelajaran mesin. Aplikasi pembelajaran mesin tersebut menyediakan beberapa operator / algoritma pembelajaran mesin yang dapat dipakai sehingga pengguna yang memiliki data tidak perlu membangun algoritmanya dari awal. Juga memberikan interaksi drag & drop yang memudahkan pengguna untuk memvisualisasikan operator dan dataset yang ingin diolah. Beberapa contoh aplikasi pembelajaran mesin yang sudah ada yaitu RapidMiner dan Weka. Kedua aplikasi tersebut berbasis desktop atau hanya dapat berjalan pada sistem operasi tertentu. Keterbatasan aplikasi berbasis desktop tersebut memunculkan peluang pengembangan aplikasi serupa berbasis web. Aplikasi ini memiliki banyak komponen yang saling berinteraksi. Interaksi antar komponen ini lebih mudah dikembangkan melalui pengembangan berbasis objek. Setiap komponen dilihat sebagai objek-objek yang saling berinteraksi dan mudah dipahami. Pengembangan aplikasi ini melihat permasalahan dengan pendekatan objek dan membangunnya dengan pendekatan objek. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Object-Oriented Analysis and Design (OOAD). Skripsi ini menghasilkan aplikasi framework pembelajaran mesin berbasis web. Aplikasi telah dikembangkan dan dapat diakses menggunakan web browser di sistem operasi yang berbeda-beda. Aplikasi menggunakan interaksi drag & drop untuk memvisualisasikan rancangan operator dan dataset yang akan diolah dan berhasil mengolah dataset menggunakan operator yang dibangun. Aplikasi juga telah diuji melalui usability testing untuk menguji nilai interaksi pengguna dengan aplikasi, nilai tingkat komponen learnability sebesar 85% dan satisfaction sebesar 82,5%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:65811
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Oct 2018 16:34
Last Modified:11 Oct 2018 16:34

Repository Staff Only: item control page