PENTINGNYA PUSTAKAWAN MELAKUKAN KOMUNIKASI ASERTIF TERHADAP PENGGUNA PERPUSTAKAAN

FATMAWATI, Endang (2008) PENTINGNYA PUSTAKAWAN MELAKUKAN KOMUNIKASI ASERTIF TERHADAP PENGGUNA PERPUSTAKAAN. Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga. Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, Juli - Desember 2008, III (2). pp. 54-58. ISSN 1907-6657

[img]
Preview
PDF
7Mb

Abstract

Setiap hari kita tidak lepas dari berkomunikasi. Berkomunikasi merupakan hal penting yang harus kita lakukan kapan dan dimana saja. Salah satu fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi akan hilang tanpa arti bila tidak didukung oleh komunikasi pustakawan yang baik. Kesuksesan dan kegagalan seorang pustakawan bisa dilihat dari bagaimana kepiawaian ataupun kegagalan pustakawan tersebut dalam berkomunikasi. Apalagi layanan perpustakaan merupakan salah satu bagian yang cukup vital di perpustakaan, karena menjadi ujung tombak untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Pustakawan di bagian layanan cenderung lebih banyak berkomunikasi dengan pengguna perpustakaan dalam melakukan tugas sehari-harinya, karena pustakawan pada saat memberikan pelayanan berhadapan secara langsung dengan pengguna. Bersikap asertif (assertive) sangat berguna dalam membangun interpersonal skill pustakawan, karena interpersonal skill yang baik dapat dibangun dari kemampuan bagaimana pustakawan bersikap jujur dan dapat menunjukkan ekspresi yang sesuai dengan perasaan, pendapat, maupun kebutuhan yang dimiliki. Pustakawan harus terus membangun komunikasi yang asertif dengan pengguna dengan bentuk komunikasi yang saling berempati atau saling memahami. Komunikasi asertif pustakawan dilakukan dengan berusaha untuk mendapatkan hak pribadi tanpa harus menyakiti hak orang lain. Sementara itu, hal utama yang ingin dicapai dari perilaku asertif pustakawan adalah tercapainya harga diri (self respect) dan kemampuan untuk menghargai pengguna (respect of the users) dengan tanpa memperdaya pengguna serta dapat dilakukan dengan tulus ikhlas dan terbuka.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:assertive-behavior, communication, pustakawan asertif, komunikasi asertif, layanan asertif
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
ID Code:65661
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Oct 2018 11:11
Last Modified:04 Oct 2018 11:11

Repository Staff Only: item control page