HUBUNGAN KADAR SISA CHLOR DAN JARAK RUMAH KE INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) DENGAN TOTAL COLIFORM PADA AIR BERSIH SUMBER PDAM (Studi Kasus pada Rumah Pelanggan di Jaringan Distribusi IPA Pucang Gading PDAM Kota Semarang)

GINANJARWATI, WILUJENG (2018) HUBUNGAN KADAR SISA CHLOR DAN JARAK RUMAH KE INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) DENGAN TOTAL COLIFORM PADA AIR BERSIH SUMBER PDAM (Studi Kasus pada Rumah Pelanggan di Jaringan Distribusi IPA Pucang Gading PDAM Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Air PDAM adalah salah satu sumber air bersih yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Kota Semarang. Hasil pengujian yang dilakukan oleh PDAM menunjukkan terdapat kadar sisa chlor di rumah pelanggan jaringan IPA Pucang Gading yang berada dibawah batas sisa chlor yang dianjurkan(0,2-0,5 mg/l). Hasil pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang menunjukkan bahwa MPN Coliform masih ditemukan di wilayah jaringan distribusi IPA Pucang Gading.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar sisa chlor dan jarak rumah ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan total coliform pada jaringan distribusi IPA Pucang Gading PDAM Kota Semarang. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan studi cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 45 pelanggan yang diambil berdasarkan purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman. Hasil pengukuran rata-rata kadar sisa chlor di reservoir adalah 0,76 mg/l sedangkan di rumah pelanggan sebesar 0,08 mg/l. Jarak terdekat rumah ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pucang Gading adalah 150 m dengan jarak rumah terjauh adalah 6000 m. Rata-rata total coliform di rumah pelanggan adalah 24,56 per 100 ml. Ada hubungan antara kadar sisa chlor dengan total coliform dengan p value = 0,000 dan r hitung = -0,509. Tidak ada hubungan antara jarak rumah pelanggan ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan total coliform dengan p value = 0,222. Semakin jauh jarak rumah ke IPA akan mempengaruhi penurunan kadar sisa chlor. Sehingga perlu dilakukan injeksi chlor tambahan bagi wilayah distribusi yang jauh dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kata Kunci: sisa chlor, jarak rumah, total coliform, air bersih sumber PDAM, jaringan distribusi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65550
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Oct 2018 15:49
Last Modified:03 Oct 2018 15:49

Repository Staff Only: item control page