ANALISIS UPAYA PENERAPAN MANAJEMEN K3 DALAM MENCEGAH KECELAKAAN KERJA DI PROYEK PEMBANGUNAN FASILITAS PENUNJANG BANDARA OLEH PT.X (Studi Kasus di Proyek Pembangunan Bandara di Jawa Tengah)

Noviastuti, Theresia Kartika (2018) ANALISIS UPAYA PENERAPAN MANAJEMEN K3 DALAM MENCEGAH KECELAKAAN KERJA DI PROYEK PEMBANGUNAN FASILITAS PENUNJANG BANDARA OLEH PT.X (Studi Kasus di Proyek Pembangunan Bandara di Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Industri konstruksi merupakan industri dengan tingkat kecelakaan tertinggi karena aktifitas yang beresiko tinggi. Salah satu upaya untuk mencegah kecelakaan kerja adalah dengan menjalankan sistem menajemen K3 yang terintegrasi dengan perusahaan. Hal ini didasarkan dengan teori domino Heinrich yang menggambarkan hubungan manajemen dengan kecelakaan kerja. PT.X merupakan salah satu perusahaan yang sedang melakukan pembangunan fasilitas penunjang di salah satu bandara di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya penerapan manajemen K3 dalam mencegah kecelakaan kerja di Proyek Pembangunan Fasilitas Penunjang Bandara oleh PT.X. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah deskriptif observasional dengan pendekatan analisis kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 informan utama dan 2 informan triangulasi. Kebijakan K3 sudah ada namun belum berjalan secara optimal, organisasi P2K3 sudah terbentuk tetapi hanya sekedar pemenuhan undang-undang belum berjalan secara optimal dan tidak berpengaruh pada pekerja, komunikasi dan informasi K3 sudah berjalan namun beberapa belum berjalan sesuai jadwal tetapi sudah efektif kepada pekerja. Pelatihan sudah dilakukan namun belum sesuai dengan pencegahan kecelakaan. Pengawasan dari pemerintah yang masih kurang serta kurangnya sumber daya dari PT. X untuk melaksanakan pengawasan karena jumlah pekerja yang banyak. Perusahaan sebaiknya melakukan sosialisasi tentang P2K3, menjalankan Reward tersistem, menambah jumlah Safety Officer,dan untuk dinas pemerintahan diharapkan mengoptimalkan pengawasan di proyek daerah kawasan Kata Kunci: Konstruksi, Manajemen, Kecelakaan Kerja, Keselamatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65463
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2018 13:46
Last Modified:02 Oct 2018 13:46

Repository Staff Only: item control page