TELAAH SISTEM MANAJEMEN PENGAMANAN HOTEL DALAM PENANGANAN KEADAAN DARURAT KEBAKARAN DI HOTEL X SEMARANG (STUDI KASUS DI BAGIAN KITCHEN)

JIHANTAMA, ZALFFARONNA (2018) TELAAH SISTEM MANAJEMEN PENGAMANAN HOTEL DALAM PENANGANAN KEADAAN DARURAT KEBAKARAN DI HOTEL X SEMARANG (STUDI KASUS DI BAGIAN KITCHEN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Hotel X merupakan hotel bintang empat yang memiliki 12 lantai dengan risiko kebakaran. Pada tahun 2015 pernah terjadi kebakaran kecil di bagian kitchen. Kebakaran diakibatkan oleh api yang menyulut sampai ke ducting exhaust yang kotor oleh banyaknya lemak – lemak hasil proses pemasakan. Guna mengurangi risiko kebakaran di hotel, pemerintah mengeluarkan peraturan khusus untuk hotel tentang sistem manajemen pengamanan hotel yang didalamnya memuat penanganan keadaan darurat kebakaran serta wajib dipenuhi setiap hotel. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menelaah pemenuhan sistem manajemen pengamanan hotel dalam penanganan keadaan darurat kebakaran di Hotel X Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam.Subjek dalam penelitian ini ada 3 informan utama dan 2 informan triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sudah ada prosedur penanganan keadaan darurat kebakaran di Hotel X, prosedur juga sudah diuji secara berkala melalui pelatihan untuk tim tanggap darurat, hanya saja belum ada proses identifikasi bahaya dan tinjauan ulang prosedur. Sistem proteksi kebakaran belum optimal ketersediaan, kondisi dan fungsinya. Perawatan (maintenance) peralatan dilakukan oleh engineer yang rutin setiap satu bulan sekali, namun khusus perawatan APAR dilakukan oleh security. Hotel disarankan untuk menyediakan sumber daya dan pelatihan untuk identifikasi bahaya kebakaran, melengkapi sistem proteksi kebakaran dan melakukan tinjauan ulang prosedur Kata Kunci: Hotel, Kebakaran, Kitchen, Sistem Manajemen Pengamanan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65462
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2018 13:42
Last Modified:02 Oct 2018 13:42

Repository Staff Only: item control page