FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN PETUGAS DALAM MENGHADAPI BAHAYA KEBAKARAN (STUDI PADA INSTALASI PEMELIHARAAN SARANA RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SALATIGA)

QIRANA, MUHAMMAD QIFRAN (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN PETUGAS DALAM MENGHADAPI BAHAYA KEBAKARAN (STUDI PADA INSTALASI PEMELIHARAAN SARANA RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SALATIGA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Kesiapsiagaan merupakan bagian dari proses manajemen bencana yang sedang berkembang, pentingnya upaya kesiapsiagaan merupakan salah satu elemen penting dari pencegahan risiko bencana yang bersifat proaktif. Gedung rumah sakit termasuk gedung berisiko untuk terjadinya kebakaran, banyaknya penggunaan peralatan listrik, sambungan arus pendek, tabung gas bertekanan dan bahan kimia dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Di Rumah Sakit salah satu Instalasi yang memiliki risiko tinggi kebakaran adalah Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit (IPSRS) karena memiliki tugas pemeliharaan dan perbaikan sarana seperti maintenance listrik, perbaikan peralatan elektronik dan incelerator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapsiagaan petugas Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit (IPSRS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini melibatkan seluruh petugas IPSRS. Data diambil menggunakan kuesioner dan lembar checklist observasi untuk data pendukung terhadap sarana proteksi kebakaran. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji chi-square diperoleh variabel yang berhubungan kesiapsiagaan petugas dalam mengahadapi bahaya kebakaran adalah pengetahuan (p-value =0,011), sikap (p-value =0,011) dan pengawasan petugas K3 (p-value =0,002). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan kesiapsiagaan petugas dalam menghadapi bahaya kebakaran adalah umur (p-value =0,329), jenis kelamin (p-value =1,000), masa kerja (p-value =1,000), tingkat pendidikan (p-value =0,700) dan sarana proteksi kebakaran (p-value =0,089). Peneliti menyarankan untuk menambakan sarana proteksi yang masih kurang dan mensosialisasikannya kepada seluruh petugas Kata Kunci: Kesiapsiagaan, Kebakaran, Petugas IPSRS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65459
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2018 13:31
Last Modified:02 Oct 2018 13:31

Repository Staff Only: item control page