ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DALAM HUBUNGAN KERJA PT X BERDASARKAN TEORI LOSS CAUSATION MODEL (STUDI KASUS PADA KARYAWAN BAGIAN WAREHOUSE)

SULISTYOWATI, SANTINI SEKAR CANDRA (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DALAM HUBUNGAN KERJA PT X BERDASARKAN TEORI LOSS CAUSATION MODEL (STUDI KASUS PADA KARYAWAN BAGIAN WAREHOUSE). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
48Kb

Abstract

Kecelakaan dalam hubungan kerja merupakan kejadian yang tidak diinginkan, terjadi di luar tempat kerja dan mengakibatkan kerugian. PT X merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi mesin diesel di Kota Semarang. PT X telah menerapkan SMK3 dengan bendera emas, namun kasus kecelakaan kerja masih tinggi terutama kecelakaan dalam hubungan kerja. Analisis tren menunjukkan peningkatan kasus tahun 2015-2017 yaitu 4 menjadi 6 kasus kecelakaan dalam hubungan kerja. Data investigasi kecelakaan menunjukkan kecelakaan dalam hubungan kerja banyak melibatkan karyawan bagian warehouse. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam. Informan utama adalah 3 karyawan warehouse yang pernah mengalami kecelakaan dalam hubungan kerja dan 2 karyawan warehouse yang tidak pernah mengalami kecelakaan dalam hubungan kerja. Informan triangulasi adalah kepala sie bagian warehouse, safety leader bagian warehouse dan ahli K3 PT X. Hasil penelitian menunjukkan penyebab kecelakaan dalam hubungan kerja pada karyawan bagian warehouse PT X adalah substandard acts, substandard conditions, personal factors,dan job factors. Substandard acts yang dimaksud adalah tindakan dalam berkendara tidak sesuai standard, meliputi mengobrol, melamun, mengejar waktu/tergesa-gesa, berkendara dalam kecepatan tinggi, serta menyalip. Substandard conditions yang dimaksud adalah kondisi jalan rawan kecelakaan, sempit, naik turun, berlubang, menikung, licin dan berlumpur. Personal factors yang dimaksud adalah stres kerja dan keterampilan dalam melakukan pengereman. Job factors yang dimaksud adalah waktu kerja lembur melebihi batas normal dan tuntutan tugas yang harus dicapai ketika produksi meningkat Kata Kunci: Kecelakaan dalam hubungan kerja, warehouse

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65453
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2018 11:44
Last Modified:02 Oct 2018 11:44

Repository Staff Only: item control page