PENGARUH EDUKASI GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CALON IBU DALAM PENCEGAHAN KURANG ENERGI KRONIK IBU HAMIL (STUDI PADA PENGANTIN BARU WANITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DUREN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG)

AMALIA, FIFIANTYAS (2018) PENGARUH EDUKASI GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CALON IBU DALAM PENCEGAHAN KURANG ENERGI KRONIK IBU HAMIL (STUDI PADA PENGANTIN BARU WANITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DUREN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Kurang Energi Kronik merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara asupan dengan kebutuhan energi dan protein. Dampak KEK yaitu berat bayi lahir rendah (BBLR), cacat bawaan dan kematian neonatal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan praktik calon ibu terkait pencegahan KEK ibu hamil. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental dengan menggunakan one-group pre test-post test design. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 38 pengantin baru wanita yang diambil dengan teknik purposive sampling. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pengetahuan kategori baik sebanyak 55,2%. Pada praktik menunjukkan adanya penurunan kategori praktik baik sebanyak 13,2%. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi gizi dengan p-value=0,001 (p<0,005) dan terdapat perbedaan antara praktik sebelum dan sesudah edukasi gizi dengan p-value=0,003 (p<0,005). Berdasarkan uji chi square didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pendidikan dengan pengetahuan p-value=0,089 (p>0,005), tidak terdapat hubungan antara pendidikan dengan praktik p-value=0,393 (p>0,005), tidak terdapat hubungan antara pekerjaan dengan pengetahuan p-value=0,636 (p>0,005), terdapat hubungan antara pekerjaan dengan praktik p-value=0,029 (p<0,005). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan pencegahan KEK tetapi tidak terdapat pengaruh edukasi gizi terhadap peningkatan praktik pencegahan KEK. Saran penelitian ini yaitu agar pengantin baru wanita melakukan pencegahan KEK berupa rutin makan sehari tiga kali dan menjaga pola makan Kata Kunci: edukasi gizi, pengetahuan, praktik, pencegahan KEK, pengantin baru wanita

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65435
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2018 09:31
Last Modified:02 Oct 2018 09:31

Repository Staff Only: item control page