HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN, STATUS GIZI, DAN SUHU LINGKUNGAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Pada Para Pekerja CV. Industri Plastik Babatan Ungaran, Kabupaten Semarang Tahun 2018)

DEWI , SAFINA ANDITA (2018) HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN, STATUS GIZI, DAN SUHU LINGKUNGAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Pada Para Pekerja CV. Industri Plastik Babatan Ungaran, Kabupaten Semarang Tahun 2018). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Gizi kerja adalah gizi yang diterapkan pada karyawan untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan jenis dan tempat kerja dengan tujuan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang setinggi-tingginya. Produktivitas kerja adalah perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja persatuan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asupan energi, asupan protein, status gizi dan suhu lingkungan dengan produktivitas kerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi yaitu seluruh pekerja pabrik di CV. Industri Plastik Babatan Ungaran, Kabupaten Semarang sebanyak 46 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Samplig sehingga didapatkan responden penelitian sebanyak 46 orang. Dilakukan pengukuran antropometri yaitu berat badan, tinggi badan dan persen lemak tubuh, pengisian lembar recall konsumsi gizi, pengisian lembar Semi Quantitative Food Frequency Questionnaires (FFQ), pengukuran suhu dan kelembaban ruangan. Analisis data menggunakan uji rank spearman. Analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecukupan asupan energi (p=0,00), kecukupan asupan protein (p=0,03), Indeks Massa Tubuh (0,00), Persen Lemak Tubuh (p=0,00) degan produktivitas kerja karyawan CV. Industri Plastik Babatan Ungaran, Kabupaten Semarang Tahun 2018. Tidak terdapat hubungan antara suhu lingkungan (p=0,27) karyawan CV. Industri Plastik Babatan Ungaran, Kabupaten Semarang Tahun 2018. Saran bagi karyawan adalah menerapkan pola hidup sehat dengan cara makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur Kata Kunci: Produktivitas Kerja, Gizi Pekerja

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65432
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2018 09:21
Last Modified:02 Oct 2018 09:21

Repository Staff Only: item control page