HUBUNGAN KADAR EKSKRESI YODIUM URINE IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BATITA DI BANJARNEGARA (STUDI DI KECAMATAN BANJARMANGU DAN KECAMATAN PAGENTAN)

KHAFID, KHAFID (2018) HUBUNGAN KADAR EKSKRESI YODIUM URINE IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BATITA DI BANJARNEGARA (STUDI DI KECAMATAN BANJARMANGU DAN KECAMATAN PAGENTAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Stunting pada batita menggambarkan adanya masalah gizi kronis yang dipengaruhi oleh kondisi gizi ibu selama kehamilan. Masalah gizi yang cukup serius selama kehamilan salah satunya adalah gangguan akibat kekurangan yodium, mengingat dampaknya yang sangat besar terhadap tahap perkembangan selanjutnya. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan kadar ekskresi yodium urine ibu hamil dengan kejadian stunting pada batita di Banjarnegara. Desain penelitian adalah retrospektif kohort, besar sampel adalah 80 balita dari ibu yang diperiksa kadar ekskresi yodium urine di tahun 2015. Tehnik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji chi- square. Dalam penelitian ini diketahui prevalensi batita stunting sebesar 21,3%. Uji bivariat kadar ekskresi yodium urine dengan stunting menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna (p=0,172). Namun demikian ada kecenderungan ibu hamil dengan kadar ekskresi yodium kurang memilki batita stunting lebih tinggi (27,5%), dibanding ibu hamil kadar ekskresi yodium normal (15,0%). Variabel yang berhubungan dengan kejadian stunting pada batita adalah berat badan lahir (p= 0,003), panjang badan lahir (p=0,001) dan riwayat ASI eksklusif (p= 0,041). Perhatian terhadap remaja putri, calon pengantin, wanita usia subur, ibu hamil dan ibu menyusui supaya diprioritaskan dalam pemecahan masalah stunting pada batita terutama tentang pentingnya masa seribu hari pertama kehidupan Kata Kunci: Ibu hamil, yodium, batita, stunting

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65429
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Oct 2018 09:09
Last Modified:02 Oct 2018 09:09

Repository Staff Only: item control page