YANTI, PUTRI ASRI (2018) LAMA WAKTU BERMAIN GAMES, TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, PERSENTASE ASUPAN LEMAK SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN OVERWEIGHT PADA REMAJA LAKI-LAKI (SMP PANGUDI LUHUR DOMENICO SAVIO SEMARANG TAHUN 2018). Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 36Kb |
Abstract
Faktor utama terjadinya overweight adalah ketidakseimbangan asupan energi dengan keluaran energi, yaitu asupan energi tinggi karena konsumsi makanan berlebihan, sedangkan keluaran energi rendah karena metabolisme tubuh dan aktivitas fisik rendah. Kejadian overweight menurut IMT/U berdasarkan studi pendahuluan pada 15 siswa laki-laki kelas 8 SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang berkisar 75 % dan persentase siswa yang bermain games berkisar 60%. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor risiko overweight pada siswa laki-laki yang meliputi lama waktu bermain games, tingkat kecukupan energi dan persentase asupan lemak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain case control. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa overweight (IMT/U >+1 SD)dan 32 siswa nomal yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuisioner terstruktur, Form Food Frequency Questionare(FFQ) kuantitatif dan recall aktivitas fisik, pengukuran antropomeri (tinggi badan dan berat badan). Analisis data menggunakan uji chi square dan perhitungan Oods Ratio (OR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang merupakan faktor risiko kejadian overweight adalahlama waktu bermain games>2 jam (OR=13; 95%CI=3,94 – 42,95; p=<0,001),tingkat kecukupan energi >110%AKG (OR=59,18; 95%CI=7,10–493,4; p=<0,001), persentase asupan lemak >30% total asupan energi (OR=1,4; 95%CI=0,44–4,77; p=0,545). Disimpulkan bahwa lama waktu bermain games>2jam, tingkat kecukupan energi>110% AKG merupakan faktor risiko kejadian overweight dan persentase asupan lemak>30% total asupan energi bukan merupakan faktor risiko kejadian overweight. Disarankan agar siswa mengontrol asupan makanan yang rendah kalori tinggi serat, mengganti jenis games yang menggunakan media eletktronik serta meningkatkan tingkat aktivitas fisik Kata Kunci: Kata Kunci : Lama waktu bermain games, tingkat kecukupan energi, persentase asupan lemak, overweight, remaja laki-laki
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 65407 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 01 Oct 2018 15:47 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 15:47 |
Repository Staff Only: item control page