GAMBARAN PERILAKU PEMAKAIAN DAN PERAWATAN KELAMBU BERINSEKTISIDA TAHAN LAMA (KBTL) (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO)

SEPTIYANI, DINA DWI (2018) GAMBARAN PERILAKU PEMAKAIAN DAN PERAWATAN KELAMBU BERINSEKTISIDA TAHAN LAMA (KBTL) (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Pendahuluan. Pada tahun 2017 telah dilaksanakan Pekan Kelambu Anti Nyamuk Massal di Daerah Fokus (PKMF) untuk mencapai target eliminasi malaria tahun 2030. Sebanyak 8 desa wilayah kerja Puskesmas Kaligesing, Kabupaten Purworejo mendapat jumlah terbanyak yaitu 11.302 Kelambu Berinsektisida Tahan Lama (KBTL) dengan jumlah 5.531 KK. Dari tahun 2015-2016, wilayah kerja Puskesmas Kaligesing selalu mendapat KBTL bagi 218 penderita malaria namun tidak mengubah status endemisitas dengan API 2015-2017 yaitu 6,16, 4,75, 1,24. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku pemakaian dan perawatan Kelambu Berinsektisida Tahan Lama.Metode. Penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 100 responden dari 5.531 KK penerima kelambu yang memenuhi kriteria menjadi subyek penelitian. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan rumus proporsi terhadap 8 desa wilayah kerja Puskesmas Kaligesing. Desa-desa tersebut adalah Jatirejo, Somongari, Donorejo, Tlogoguwo, Pandanrejo, Kaligono, Kaliharjo dan Sudorogo. Hasil. Sebanyak 69% responden memiliki pengetahuan baik, namun untuk pertanyaan tentang malaria dan pencegahan menggunakan kelambu masih sedikit yang menjawab benar dan tercampur dengan penyakit DBD. Persentase sikap baik dan buruk penerimaan program KBTL hampir sama (1,3:1). Sebanyak 53% responden tidur didalam KBTL setiap malam. Terdapat 84,12% responden yang status frekuensi pencuciannya tidak sesuai pedoman/aturan. Dari 49 responden yang melakukan pencucian KBTL, lebih dari 50% responden cara pencuciannya sudah benar dan tepat yaitu menggunakan detergen, dengan hanya dicelup tanpa dikucek dan penjemuran terhindar dari sinar matahari langsung. Kesimpulan. Pengetahuan responden terkait malaria dan pencegahannya menggunakan kelambu berinsektisida masih rendah dan tercampur dengan penyakit DBD. Diperlukan pemberian infromasi dan edukasi terkait malaria dan pencegahannya Kata Kunci: Perilaku Pemakaian dan Perawatan, KBTL, Endemisitas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65384
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Oct 2018 14:20
Last Modified:01 Oct 2018 14:20

Repository Staff Only: item control page