PENENTUAN DAYA TAMPUNG BEBAN PENCEMAR BOD DAN FECAL COLIFORM DENGAN METODE QUAL2E(Studi Kasus: Sungai Klampok, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah)

BIMASAKTI, ARYA (2018) PENENTUAN DAYA TAMPUNG BEBAN PENCEMAR BOD DAN FECAL COLIFORM DENGAN METODE QUAL2E(Studi Kasus: Sungai Klampok, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
11Kb

Abstract

Sungai Klampok merupakan sungai yang membelah di tengah Kabupaten Semarang yang aliran hulu dimulai dari desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan hingga menuju hilir desa Pringapus, Kecamatan Pringapus. Sungai Klampok memiliki panjang 16,062 Km dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas 3.503,46 hektare. Berbagai aktifitas masyarakat di wilayah DAS Klampok seperti aktifitas rumah tangga, pertanian dan industri yang menghasilkan air buangan limbah dikhawatirkan membuat kadar BOD dan fecal coliform di Sungai Klampok menjadi tinggi. Hal ini akan mempengaruhi kualitas air Sungai Klampok. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menghitung daya tampung beban pencemaran Sungai Klampok dengan Metode QUAL2E. Penelitian ini dengan mengambil sampel air Sungai Klampok yang dibagi dalam 6 segmen dan terdiri dari 6 titik pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tampung Sungai Klampok terhadap beban pencemaran BOD dan fecal coliform, secara keseluruhan tidak memenuhi baku mutu kelas I dan II sesuai PP no. 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air untuk cemaran BOD, dan tidak memenuhi baku mutu kelas I hingga IV untuk cemaran fecal coliform. Nilai beban pencemaran BOD tertinggi pada debit maksimum 525,827 kg/hari pada bulan November dan terendah saat debit minimum 0,162 kg/hari pada bulan Oktober. Sedangkan beban pencemaran fecal coliform tertinggi saat debit maksimum yaitu 3,827 x 1013 jumlah/hari pada bulan Oktober, dan terendah saat debit minimum yaitu 3,27 x 108 jumlah/hari bulan Oktober. Kata kunci: Sungai Klampok, beban pencemaran, daya tampung, BOD, fecal coliform, QUAL2E, PP 82 Tahun 2001

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:65356
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Oct 2018 11:29
Last Modified:01 Oct 2018 11:29

Repository Staff Only: item control page