KEBERADAAN Escherichia coli PADA MAKANAN (STUDI DI KAPAL PENUMPANG DAN KAPAL NIAGA YANG BERSANDAR DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG)

WIDYAKARTIKA, NINDA (2018) KEBERADAAN Escherichia coli PADA MAKANAN (STUDI DI KAPAL PENUMPANG DAN KAPAL NIAGA YANG BERSANDAR DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Kapal laut merupakan salah satu sarana transportasi memiliki waktu tempuh yang relatif lama. Sehingga pemenuhan kebutuhan pangan bagi penumpang maupun crew kapal harus disiapkan dan diolah di atas kapal saat kapal sedang berlayar.Menurut data dari CDC, penyebab beberapa kejadian luar biasa penyakit gastrointestinal di kapal Pesiar di Benua Amerika adalah bakteri Escherichia coli. Di Pelabuhan Tanjung Emas, belum pernah dilakukan pemeriksaan kontaminasi bakteri terhadap makanan yang diolah dan disediakan di atas kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kontaminasi bakteri Escherichia coli pada makanan di kapal penumpang maupun kapal niaga yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan desain studi Cross Sectional. Populasi adalah seluruh makanan yang diolah pada kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sampel penelitian berupasampel makanan dari 65 kapal yang diambil secara accidental sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode survey dengan kuesioner dan uji laboratorium. Dari 65 sampel makanan yang di periksa di Laboratorium FKM UNDIP, diperoleh hasil bahwa 53,8% sampel makanan positif terkontaminasi bakteri Escherichia coli. Terdapat hubungan antara higiene penjamah makanan dengan keberadaan Escherichia coli pada makanan (p=0,006), terdapat hubungan antara higiene alat makan dengan keberadaan Escherichia coli pada makanan (p=0,001), terdapat hubungan antara higiene sanitasi tempat pengolahan makanan dengan keberadaan Escherichia coli pada makanan (p=0,001). Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang perlu meningkatkan pengawasan terhadap makanan yang diolah di atas kapal dalam upaya pencegahan penyakit potensial wabah yang disebabkan oleh kontaminasi oleh bakteri Escherichia coli pada makanan Kata Kunci: Escherichia coli , Higiene, Sanitasi, Kapal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65335
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:28 Sep 2018 16:17
Last Modified:28 Sep 2018 16:17

Repository Staff Only: item control page